SUARA INDONESIA

Vaksinasi Dosis Kedua Dimulai Besok, 6.349 Nakes di Banyuwangi Siap Disuntik

Muhammad Nurul Yaqin - 10 February 2021 | 15:02 - Dibaca 901 kali
Kesehatan Vaksinasi Dosis Kedua Dimulai Besok, 6.349 Nakes di Banyuwangi Siap Disuntik
Ilustrasi penyuntikan vaksin Covid-19. (Foto: Suara.com)

BANYUWANGI- Sebanyak 6.349 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan menjalani suntik vaksinasi Covid-19 dosis kedua yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada Kamis (11/2/2021) besok.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, dosis kedua vaksin Sinovac ini akan diberikan kepada nakes yang sebelumnya sudah menjalani suntik vaksin tahap pertama.

"Insyaallah jumlah vaksin yang sudah kita terima sampai sekarang itu akan mencukupi untuk nakes dalam dua dosis semuanya," terang Rio sapaan akrabnya, Rabu (10/2/2021).

Rio menyebut, selain nakes, dosis vaksin kedua juga disiapkan khusus untuk disuntikkan kepada 10 tokoh Banyuwangi yang sebelumnya mengawali program vaksinasi.

"Nantinya hari Kamis besok akan dilakukan, namun tidak seperti seremonial yang di Pendopo. Tapi kita akan datangi ke tempat kerja mereka masing-masing. Untuk dilakukan penyuntikan dosis kedua," imbuhnya.

Sementara, lanjut Rio, untuk data ratusan nakes susulan yang baru terdaftar mendapatkan vaksinasi belum bisa dilakukan penyuntikan vaksin dosis kedua secara bersamaan dengan nakes lainnya.

"Karena harus menyesuaikan waktu 14 hari setelah mendapatkan penyuntikan dosis pertama," ucap Rio.

Dia menjelaskan bahwa penyuntikan dosis pertama masih belum terbentuk atibodi yang maksimal. Sementara penyuntikan dosis kedua baru bisa terbentuk antibodi yang signifikan.

Rio memberitahukan jika vaksin Sinovac belum sepenuhnya membebaskan atau menyembuhkan orang dari virus Covid-19. Sehingga protokol kesehatan jangan sampai ditinggalkan.

"Gunanya untuk merangsang tumbuhnya antobodi. Jadi semua yang sudah mendapatkan vaksinasi harus tetap menjaga protokol kesehatan," pintanya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV