SUARA INDONESIA

Kasus HIV/AIDS Tahun 2021 di Kabupaten Banyuwangi Menurun Hampir 50 Persen

Muhammad Nurul Yaqin - 27 October 2021 | 10:10 - Dibaca 1.39k kali
Kesehatan Kasus HIV/AIDS Tahun 2021 di Kabupaten Banyuwangi Menurun Hampir 50 Persen
Ilustrasi HIV. (Foto: Suara.com).

BANYUWANGI- Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi mencatat jumlah warga di daerah ini yang terjangkit penyakit HIV/AIDS di tahun 2021 mengalami penurunan.

Kasi Pengendali dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi, Sudarto Setyo mengatakan, berdasarkan data mulai Januari hingga Oktober, terdapat 286 warga penderita HIV.

Angka tersebut mengalami penurunan cukup signifikan hampir 50 persen dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 555 kasus penderita HIV.

"Jika dilihat dari data tersebut mengalami penurunan yang cukup drastis," kata Sudarto, Rabu (27/10/2021).

Katanya, Dinkes selalu berupaya untuk menekan angka penderita HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan melakukan berbagai upaya pencegahan.

Pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan rutin melakukan tes HIV pada ibu hamil, warga yang menderita penyakit TBC, dan warga lainnya yang memiliki faktor resiko.

Sebab dari hasil temuan Dinas Kesehatan, beberapa yang terjangkit penyakit HIV dengan kategori kelompok ibu hamil, dan kelompok faktor resiko.

"Kita berupaya di layanan tes kesehatan HIV kita yang berjumlah 52 menemukan kasus itu. Baik ibu hamil, faktor resiko, semua nya tetap dijangkau. Ini kita lakukan untuk menekan angka penderitanya," tandas Sudarto. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV