SUARA INDONESIA

Bukan Lagi Pandemi, Covid-19 Akan Menjadi Penyakit Endemik?

Ambang Hari Laksono - 01 March 2022 | 10:03 - Dibaca 1.79k kali
Kesehatan Bukan Lagi Pandemi, Covid-19 Akan Menjadi Penyakit Endemik?
Ilustrasi Covid-19 (Suara.com)

SUARA INDONESIA — Kasus Covid-19 pertama kali dilaporkan muncul di Wuhan, China pada 1 Desember 2019 lalu. Penyebaran kasus tersebut sangat cepat dan belum hilang hingga saat ini. Menurut beberapa peneliti, virus ini tidak akan benar-benar hilang dan menjadi penyakit endemik di masyarakat, apa itu endemik? Simak ulasannya dalam penjelasan berikut.

Organisasi kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) resmi menyatakan Covid-19 sebagai pandemi sejak Maret 2021. Namun baru-baru ini WHO juga memprediksikan bahwa Covid-19 akan mewabah.

Dikutip dari Suara.com, memasuki tahun kedua penyebaran Covid-19, kasusnya masih ada. Kepala tim kedaruratan kesehatan WHO, Michael Ryan, mengatakan bahwa COVID-19 tidak akan benar-benar hilang dan bisa menjadi penyakit endemik di masyarakat. Jadi apa itu endemik?

Apakah yang dimaksud Endemik?

Endemik adalah penyakit yang menyerang hingga menjadi epidemi di suatu wilayah atau negara tertentu. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), endemik mengacu pada adanya wabah penyakit yang terus menerus dalam suatu populasi di wilayah geografis tertentu, seperti wilayah, negara, atau benua.

Selama ini ada beberapa penyakit yang tergolong endemik, antara lain malaria dan demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini tercatat masih menyerang beberapa negara setiap tahunnya. Tak terkecuali Indonesia itu sendiri, penyakit ini masih sering ditemukan di beberapa daerah.

Kemudian munculnya Covid-19, kini disebut-sebut menjadikannya sebagai penyakit endemik baru di dunia. Meski sudah ditemukan beberapa jenis vaksin untuk mencegah virus ini, nyatanya belum mampu menghentikan penularan Covid-19. Bahkan beberapa orang yang sudah divaksinasi masih bisa tertular virus tersebut.

Meski jumlah kasus Covid-19 di beberapa negara mengalami penurunan, namun masyarakat dihimbau untuk selalu waspada. Karena sangat mungkin terjadi gelombang kedua Covid-19 dalam waktu dekat.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan Covid-19 benar-benar hilang dan tidak bisa disebut endemik. Salah satunya adalah ditemukannya vaksin yang benar-benar efektif untuk menangkal penularan Covid-19 dan tersedia untuk diberikan kepada semua orang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya