SUARA INDONESIA

Jenis Panyakit Sapi di Sampang Masih Uji Laboratorium, Peternak Diimbau untuk Melapor

Hoirur Rosikin - 28 May 2023 | 15:05 - Dibaca 1.45k kali
Kesehatan Jenis Panyakit Sapi di Sampang Masih Uji Laboratorium, Peternak Diimbau untuk Melapor
Kondisi Sapi di Kabupaten Sampang setelah terkana panyakit Varian Baru (Foto; Rosy/Suaraindonesia.co.id)

SAMPANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sampang belum bisa memastikan terkait laporan masyarakat mengenai varian jenis penyakit yang dialami banyak sapi milik warga setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Sampang Arif Firman Hidayat mengatakan dirinya masih belum bisa memastikan gejala apa yang dialami sapi yang terkena varian  baru tersebut.

Namun, pihaknya menjelaskan, penyakit yang dialami sapi milik peternak di Sampang tersebut hampir mirip dengan gejala Lumpy Skin Disease (LSD).

"Hingga saat ini saya masih belum bisa memastikan jenis panyakitnya yang dialami sapi di Sampang yang terkana penyakit tersebut, sebelum kita uji Lab dulu," jelasnya, saat dikonfirmasi oleh Suaraindonesia.co.id Minggu, (28/5/2023).

Meski begitu Arif berharap para peternak sapi tidak panik seperti saat berhadapan dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) jika nanti hasil ujil Lab positif jenis penyakit LSD. 

"Untuk saat ini bisa dibilang penyakit berat, walau masih belum diketahui jenis apa penyakitnya. Tapi saya berharap kalau ada sapi yang terkena lagi, peternak bersangkutan harap lapor," jelasnya. []

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV