SUARA INDONESIA

RSUD Cilacap Buka Layanan IGD 24 Jam Selama Libur Nataru

Satria Galih Saputra - 29 December 2023 | 17:12 - Dibaca 1.83k kali
Kesehatan RSUD Cilacap Buka Layanan IGD 24 Jam Selama Libur Nataru
Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Cilacap, Hasanuddin. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Cilacap, Hasanuddin memastikan pihaknya tetap memaksimalkan pelayanan di instalasi gawat darurat (IGD) saat momen perayaan libur Natal dan Tahun Baru 2024.

"Tentunya rumah sakit pemerintah tetap harus siap dan kita sudah siapkan untuk IGD tetap buka 24 jam, kemudian petugas medisnya juga sudah kita siapkan semuanya. Bahkan, kalau misalnya terjadi kejadian luar biasa (KLB) seperti kasus kecelakaan masal atau lainnya kita juga sudah siapkan," ujar Hasanuddin saat ditemui, Jumat (29/12/2023). 

"Jadi kita sudah jadwal petugas, dan sudah kita antisipasi barangkali ada KLB itu nanti, petugas-petugas mana yang harus segera kita komunikasikan semua siap. Kalau rumah sakit itu memang kerjanya sip, untuk IGD rawat inap, kemudian laboratorium, radiologi dan penunjang lainnya, Ada tiga sip," lanjutnya. 

Adapun petugas medis yang disiagakan mulai dari dokter spesialis, dokter jaga, perawat, serta penunjang lainnya seperti laboratorium, radiologi dan lainnya. "Sudah kita jadwal semuanya. Dan untuk IGD pintu terbuka 24 jam nonstop untuk pelayanan, termasuk rawat inapnya," kata Hasanuddin. 

Pihaknya juga telah menyiapkan beberapa skenario untuk mengantisipasi terjadinya kejadian luar biasa (KLB). 

"Misalnya kita tidak siap menampung, kita sudah berkoordinasi dengan rumah sakit lain. Dan kita juga berkoordinasi dengan seluruh Puskesmas yang ada," papar Hasanuddin. 

Sementara untuk rawat jalan, Hasanuddin juga memastikan pelayanan tetap dibuka untuk masyarakat. "Kita buka untuk pasien rawat jalan, namun sesuai jam kerja, dalam artian kalau hari libur atau tanggal merah misalnya kita tutup untuk poli," jelasnya. 

"Dan kemarin natal kalau secara umum belum ada peningkatan layanan, cuma di poli karena pelayanan sempat libur beberapa hari, dan biasanya setelah libur ada lonjakan pasien," pungkasnya. 

Namun secara keseluruhan, lanjut Hasanuddin tetap akan dilayani sesuai dengan kuota yang ada. Dan untuk pendaftaran kita juga membuka layanan melalui online," tutupnya. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV