SUARA INDONESIA

Jamaah Haji di Jombang Mulai Mendapatkan Vaksin Meningitis dan Polio

Gono Dwi Santoso - 29 April 2024 | 12:04 - Dibaca 844 kali
Kesehatan Jamaah Haji di Jombang Mulai Mendapatkan Vaksin Meningitis dan Polio
Jamaah haji asal Kecamatan Perak yang sudah melakukan vaksin meningitis dan polio di ruang imunisasi Puskemas Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (29/04/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Calon jamaah haji di Kabupaten Jombang , Jawa Timur, mulai mendapatkan vaksin meningitis dan polio. Dua jenis vaksin wajib bagi jamaah yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini.

Salah satu fasilitas kesehatan yang menjadi lokasi vaksin adalah Puskesmas Kecamatan Perak. Di puskesmas ini ada 68 jamaah haji yang mendapatkan vaksin meningitis dan polio secara bersamaan, Senin (29/04/2024).

Puguh Prianto, calon jamaah haji asal Kalangsemanding, Kecamatan Perak, mengaku, hari ini dirinya mengikuti kegiatan vaksin di Puskesmas Perak untuk syarat keperluan ibadah haji tahun 2024.

"Rencananya berangkat estimasi tanggal 27 Mei 2024 dan sudah antre 12 tahun untuk bisa berangkat haji pada tahun ini,” ucapnya.

Untuk persiapannya, kata dia, kemarin dirinya sudah melakukan latihan manasik haji di Masjid Moeldoko selama tujuh hari yang diikuti oleh jamaah dari Kecamatan Perak, Gudo dan Bandar Kedungmulyo. “Dan vaksin ini memang wajib bagi calon jamaah haji," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Perak dr. Oisatin mengatakan, tujuan pemberian vaksin meningitis ini meningitis untuk mencegah radang selaput otak, sedangkan vaksin polio untuk mencegah polio.

Total ada 68 calon jamaah dari kecamatan setempat yang mengikuti vaksin hari ini. "Apabila ada yang berhalangan, mungkin besok bisa melakukan vaksin meningitis dan polio," terangnya.

Oisatin menuturkan, saat pemberangkatan nanti, jamaah diizinkan membawa obat-obatan yang biasanya dipakai sehari-hari, tapi harus didaftarkan ke puskesmas terlebih dahulu dan diunggah di platform daring untuk laporan.

"Sedangkan vaksin meningitis dan polio ini diwajibkan bagi jamaah haji yang akan berangkat tahun 2024," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV