SUARA INDONESIA

Sambut Satu Abad, PSHT Ngawi Satukan Empat Sumber Mata Air di Umbul Jambe Srigati

Ari Hermawan - 02 June 2022 | 10:06
Komunitas Sambut Satu Abad, PSHT Ngawi Satukan Empat Sumber Mata Air di Umbul Jambe Srigati

NGAWI - Sambut satu abad, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Ngawi melaksanakan kegiatan sakral di lokasi wisata religi Umbul Jambe Srigati, yang terletak di Desa Babadan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi pada, Rabu (1/6/2022). 

Kegiatan sakral tersebut adalah dengan menyatukan air yang berasal dari empat sumber mata air di penjuru wilayah ngawi, yang kemudian air tersebut dijadikan satu dalam kendil dan akan dibawa ke padepokan agung PSHT pusat madiun.

Empat sumber mata air tersebut terletak di Sendang Sumber Lanang Karangjati (timur), Sendang Blebis Mantingan (barat),  Sumber Lanang Girikerto Sine (selatan), Sendang Tawun Kasreman (utara), dan kemudian dijadikan satu di lokasi sumber mata air Umbul Jambe.

"Rangkaian kegiatan ini sebagai tradisi dalam menyambut 100 tahun PSHT, sumber mata air dari empat penjuru tersebut nantinya akan dibawa ke padepokan agung PSHT di Madiun sebagai dasar pembangunan monumen satu abad terate emas," terang Dwi Rianto Jatmiko ketua Cabang PSHT Ngawi.

Wakil Bupati Ngawi yang akrab disapa Antok tersebut mengungkapkan, acara sakral tidak hanya dilakukan PSHT Ngawi, melainkan PSHT di seluruh nusantara. Dikatakan Antok, air akan dikirim ke padepokan agung dengan cara estafet antar cabang.

"PSHT di seluruh nusantara melaksanakan tradisi menyatukan empat sumber mata air. Air tersebut nantinya dibawa ke padepokan melalui estafet antar cabang, dan pada puncaknya September 2022," urainya.

Dalam kesempatan itu Antok juga berpesan kepada seluruh anggota PSHT khususnya cabang ngawi agar selalu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Baik dalam hal sosial, kondusifitas lingkungan dan membangun keguyuban di dalam masyarakat.

"PSHT besar karena masyarakat, maka kami berharap seluruh warga PSHT wajib memberikan manfaat yang positif kepada masyarakat, baik sosial, kondusifitas dan menciptakan guyug rukun di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

Dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung khidmat tersebut, selain dihadiri pengurus PSHT cabang ngawi dan seluruh ranting, nampak juga dihadiri forum pimpinan kecamatan (forpimcam).

Pewarta : Ari Hermawan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya