SUARA INDONESIA

Penjelasan Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Terkait Ziarah ke Makam Gus Dur Saat Ramadan

Gono Dwi Santoso - 27 March 2023 | 18:03 - Dibaca 1.59k kali
Komunitas Penjelasan Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Terkait Ziarah ke Makam Gus Dur Saat Ramadan
Bupati Jombang bersama Forkopimda pada saat ziarah ke makam Gus Dur pada waktu lalu berziarah ke makam Gus Dur di pondok pesantren Tebuireng Jombang.

JOMBANG – Bagi peziarah yang mau berziarah ke makam Gus Dur , selama bulan ramadan ini diperbolehkan masuk untuk berziarah, asalkan izin terlebih dulu di pos penjagaan pondok pesantren Tebuireng Jombang , Senin (27/03/2023).

Dimana makam Gus Dur ditutup untuk sementara, untuk menjaga kondusifitas dan kekhusukan beribadah santri dilingkungan pondok pesantren selama bulan Ramadan.

Ditemui sehabis acara mengisi pengajian kitab kuning, Pengasuh Pondok Pesantren Putri Tebuireng, KH Fahmi Amrullah Hadziq (Gus Fahmi) menyampaikan, seperti tahun tahun sebelumnya, saat Ramadan wisata makam Gus Dur ditutup sementara.

”Sebenarnya makamnya tetap buka , namun pintu gerbang belakang kita tutup sehingga kalau mau berziarah, ya lewat depan izin dulu di pos Satpam,’’ terangnya.

Gus Fahmi menambahkan, tamu yang ingin berziarah tetap diperbolehkan berkunjung. Hanya saja, tidak lewat pintu utama kawasan wisata makam Gus Dur di sisi barat. 

Melainkan, lewat pintu utama Ponpes Tebuireng. ”Ya boleh, lewat depan. Karena kalau tamu biasanya tidak rombongan, hanya satu dan dua orang,’’ terangnya.

Gus Fahmi menjelaskan,penutupan pintu gerbang bagian barat itu dilakukan untuk menjaga kondusifitas kegiatan para santri. ”Sehingga mereka (santri) tetap kondusif dalam mengikuti kegiatan di pondok selama bulan Ramadan,’’ terangnya.

Gus Fahmi menambahkan, untuk wisata makam Gus Dur nanti  akan dibuka kembali, untuk umum saat mendekati akhir Ramadan atau saat malam Nuzulul Qur'an yang terjadi pada malam 17 Ramadan. 

“Ya itu kan banyak orang yang berdoa dan berziarah ingin ngalap berkah di bulan Ramadan, jadi nanti kita buka makam Gus Dur,’’ pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV