SUARA INDONESIA

Resep Simpel Masak Tongkol Cabe Ijo, Soal Rasa Gak Perlu Diragukan Lagi

Lukman Hadi - 11 December 2021 | 12:12
Kuliner Resep Simpel Masak Tongkol Cabe Ijo, Soal Rasa Gak Perlu Diragukan Lagi

SURABAYA - Hidangan tongkol cabe ijo cukup nikmat dan cocok disajikan saat musim penghujan seperti sekarang ini. Ditambah sedikit kuah, tentu semakin lezat.

Apalagi ikan tongkol memiliki kandungan protein yang sangat baik. Kandungan protein ikan tongkol bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, seperti mata, hati, otak dan banyak lagi.

Anda bisa temukan ikan tongkol di berbagai pasar-pasar tradisional terdekat. Harga tongkol sangat hemat, cocok di kantong.

Anda tak harus memiliki teknik tinggi dalam menyajikan hidangan dengan bahan utama tongkol. Cukup sajian sederhana dan simpel, terpenting ialah rasa dan kenikmatannya.

Penasaran bagaimana cara mengolah ikan tongkol cabe ijo dengan kelezatan luar biasa tanpa harus ribet? Nah, berikut suaraindonesia.co.id memberikan cara dan resep tongkol cabe ijo yang dikutip dari instagram @tsaniwismono, simak baik-baik:


Bahan:

- 3 ekor ikan tongkol ukuran sedang, potong tiga bagian

- 5 butir bawang merah (iris tipis) 

- 2 siung bawang putih (iris tipis) 

- 10 buah cabe hijau (iris serong) 

- 10 buah cabe rawit hijau (iris tipis) 

- 3 buah tomat hijau (iris)

- 2 cm jahe (iris tipis)

- 2 lembar daun salam

- 2 cm lengkuas (memarkan)

- 1 sdm kecap manis

- 1/2 sdt garam

- 1/2 gelas air


Cara membuat:

• Goreng ikan tongkol sampai hampir kering, angkat, sisihkan.

• Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan cabe hijau, cabe rawit hijau, daun salam, lengkuas, dan jahe iris, aduk sampai layu. Tambahkan air, bumbui dengan gram dan kecap manis.

• Kemudian masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng, irisan tomat hijau, masak sebentar hingga tomat layu dan bumbu meresap, lalu angkat dan sajikan.

Nah, itu dia resep cara membuat hidangan ikan tongkol cabe ijo lezat dan simpel tanpa ribet. Mudah bukan? Anda patut mencobanya di rumah. Sajian tongkol cabe ijo juga sangat cocok disantap ramai-ramai dengan keluarga.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya