SUARA INDONESIA

Pemkab Cilacap Gelar Kontes Ternak Sapi dan Kambing Untuk Cari Bibit Unggul dan Berkualitas

Satria Galih Saputra - 23 September 2023 | 15:09 - Dibaca 1.31k kali
News Pemkab Cilacap Gelar Kontes Ternak Sapi dan Kambing Untuk Cari Bibit Unggul dan Berkualitas
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Cilacap M Wijaya didampingi Kepala Dinas Pertanian, Susilan saat melihat hewan ternak peserta kontes (Foto : istimewa/Suaraindonesia.co.id)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Ratusan ekor ternak sapi, kambing dan domba adu gagah di Kontes Ternak yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap melalui Dinas Pertanian pada Sabtu (23/09/2023). 

Ternak-ternak itu bersaing untuk menjadi yang terbesar dan terbaik se-Kabupaten Cilacap. 

Kali ini kegiatan digelar di Lapangan Sunan Kalijaga, Desa Kuripan Kidul, Kecamatan Kesugihan. 

"Tujuan Kontes Ternak ini untuk mencari bibit ternak unggul dan produktif yang dapat dikembangkan menjadi peranakan yang berkualitas di Cilacap, baik itu pejantannya maupun betinanya," ujar Kepala Dinas Pertanian, Susilan. 

Diharapkan dengan menghasilkan ternak yang berkualitas, masyarakat nantinya menjadi bergas. "Artinya perekonomian masyarakat, khususnya peternak ini menjadi meningkat karena harga jual ternak yang naik, dan ini karena kualitas ternak yang mereka miliki," kata Susilan. 

Susilan menyebut, keberadaan ternak sapi dan kambing di Kabupaten Cilacap saat ini sudah berkembang cukup bagus, dan tersebar di sejumlah wilayah. 

"Untuk ternak sapi di wilayah timur mulai dari Binangun, Adipala, Kroya. Ada juga sapi di wilayah barat," ungkapnya. 

"Sedangkan untuk ternak kambing di wilayah barat itu ada di Jeruklegi, Gandrungmangu dan Karangpucung, kambingnya dari Australia, produksi susu kambingnya juga bagus," imbuhnya. 

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Cilacap M Wijaya mewakili Pj. Bupati menyampaikan, kegiatan Kontes Ternak tersebut merupakan agenda rutin tahunan. 

"Ini perlu kita support, karena selain kegiatan yang positif, ternyata Kabupaten Cilacap ini mempunyai potensi ternak yang boleh kita banggakan dan luar biasa. Ada sapi limosin, kambing jawa randu, dan lainnya," ujar Wijaya. 

"Harapan kita dengan peternak yang luar biasa ini, nantinya ketika menjelang Idul Adha atau hari raya yang lainnya, kita tidak perlu mengambil dari daerah lain," sambungnya. 

Bila perlu, kata Wijaya Cilacap bisa menjadi produsen ternak. "Kita jadi produsen, kemudian kita kirim ternak kita ke daerah lain. Nanti Pemda akan mensupport itu lewat BUMD yang ada di Kabupaten Cilacap," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV