SUARA INDONESIA

Monumen Lokomotif Bersejarah di Jember Diresmikan, Bupati Hendy: Dulu Pernah Beroperasi Disini

Ambang Hari Laksono - 30 September 2023 | 18:09 - Dibaca 1.05k kali
News Monumen Lokomotif Bersejarah di Jember Diresmikan, Bupati Hendy: Dulu Pernah Beroperasi Disini
Bupati Jember beserta jajaran Forkopimda dan VP Daop 9 Jember saat foto bersama di monumen lokomotif di Jember. (Foto: Ambang/Suaraindonesia.co.id)

JEMBER, Suaraindonesia.co.id - Bupati Jember, Hendy Siswanto, meresmikan sebuah monumen lokomotif kereta api berjenis D 301 yang berlokasi di Jl. Pb Sudirman, dekat Kantor PT. KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, Sabtu (30/09/2023).

Ia mengatakan, monumen lokomotif yang baru saja diresmikan itu sengaja diletakkan di Kabupaten Jember, mengingat Jember adalah pusat perkeretaapian dari 6 kabupaten di Jawa Timur.

“Jember ini pusat nya Daop 9 yang terbentang dari Bangil hingga Banyuwangi. Disini juga terdapat depo atau garasi dari lokomotif, sehingga keberadaan monumen ini sudah tepat, wes wayahe Jember duwe monumen lokomotif,” ujarnya kepada awak media.

Menariknya, Bupati Hendy mengatakan, lokomotif bernomor D 301 13 yang menjadi monumen ini, dulunya juga sempat bertugas di wilayah Daop 9 Jember sebagai lokomotif pelangsir, sebelum akhirnya di pensiunkan dan di monumenkan.

“Tadi diceritakan sama bu kadaop kalau lokomotif ini dulu pernah beoperasi di Jember, lalu ke Purwokerto dan lainnya. Akhirnya setelah termakan usia, dan biaya perawatan lebih mahal daripada biaya pemakaian, lokomotif ini dipensiunkan lalu dikirim ke Jember untuk dijadikan monumen,” bebernya.

Senada dengan Bupati Jember, Vice Precident PT KAI Daop 9 Jember, Mulyani menyampaikan bahwa peletakan monumen ini adalah sebagai penanda bahwa Jember juga memiliki perkeretaapian.

”Letaknya kami pilih di Jl. Pb Sudirman yang merupakan jalan utama, agar masyarakat bisa melihat langsung keberadaan perkeretaapian di Jember,” tuturnya.

Ia berujar, lokomotif seri D 301 13 itu juga memiliki nilai sejarah yang harus dilestarikan bersama.

“Kami pilih lokomotif ini karena dulu pernah beroperasi di Jember. Tentunya, kami berharap, dengan hadirnya monumen lokomotif ini bisa menjadi ikon Kabupaten Jember untuk kedepannya,” tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Wildan Muklishah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV