SUARA INDONESIA

Samsat Cilacap Luncurkan Layanan Permudah Masyarakat Bayar Pajak Kendaraan

Satria Galih Saputra - 09 October 2023 | 22:10 - Dibaca 925 kali
News Samsat Cilacap Luncurkan Layanan Permudah Masyarakat Bayar Pajak Kendaraan
Kepala UPPD Samsat Cilacap, Fatmawati memukul gong tanda diluncurkannya layanan Samsat Budiman (Foto: istimewa)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Unit Pengelolaan Pajak Daerah (UPPD) Samsat Cilacap meluncurkan layanan Samsat Budiman (Bumdes atau BPR BKK Digital Mandiri) bekerja sama dengan PT. BPR BKK dan Bumdes. Program ini untuk mendekatkan layanan ke wajib pajak.

Kepala UPPD Samsat Cilacap, Fatmawati mengatakan, melalui layanan Samsat Budiman ini, diharapkan mempermudah masyarakat dalam pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. 

"Jadi masyarakat lebih mudah membayar pajak kendaraan, cukup pergi ke BUMDes atau kantor BKK terdekat," ujar Fatmawati usai kegiatan aktivasi Samsat Budiman, Senin (09/10/2023).

Sementara itu, Kepala Seksi Pajak Kendaraan Bermotor UPPD Samsat Cilacap, Dicky Setyo Indaryono menambahkan, Samsat Budiman ini hanya melayani pembayaran pajak tahunan, sepanjang tidak mengganti STNK. 

"Terlambat sehari, sebulan, setahun, bahkan sampai empat tahun pun tetap bisa dilayani. Untuk pembayarannya, kami menggandeng Bank Jateng melalui aplikasi Laku Pandai," ungkap Setyo. 

"Sedangkan untuk cetak STNK maupun balik nama tetap, wajib pajak harus datang ke Samsat," tambahnya. 

Menurut Setyo, keberadaan layanan Samsat Budiman ini sangat membantu dalam meningkatkan pendapatan daerah dari pajak kendaran bermotor. 

"Untuk pendapatan ada kenaikan. Target kami kan sebesar Rp 224 miliar, dan Bumdes sudah membantu di minggu ini sekitar Rp 35 juta," kata Setyo. 

"Ini baru satu minggu. Nanti di minggu berikutnya kami harapkan bisa meningkat lagi," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV