SUARA INDONESIA

KONI Jatim Bertekad Jadi Leading Sektor Olahraga Prestasi

Lukman Hadi - 10 March 2022 | 09:03 - Dibaca 1.67k kali
Olahraga KONI Jatim Bertekad Jadi Leading Sektor Olahraga Prestasi
Pelantikan KONI Jatim.

SURABAYA - Puluhan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur telah dilantik di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya, Rabu (9/3/2022).

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mengangkat topi untuk KONI Jatim atas pembinaan dan prestasi olahraga.

Ia juga menyebut KONI Jatim adalah KONI provinsi yang ideal dan kualitas, sehingga patut dijadikan panutan bagi KONI daerah lain.

Menurut dia, hal tersebut tidak lepas dari peran dan dukungan luar biasa dari Pemprov Jatim kepada KONI Jatim untuk terus bisa meraih prestasi-prestasi di setiap ajang turnamen.

"Pertama, saya beri apresiasi yang tinggi kepada Pemprov Jatim, Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak atas dukungannya kepada pembinaan olahraga prestasi. Ini kita lihat bahwa prestasi Jatim pada PON itu adalah hasil pembinaan selama empat tahun," kata Marciano.

Ia mengatakan bahwa kemajuan tersebut bisa dilihat dari banyaknya sumbangsih atlet asal Jatim, yang turut serta membela Indonesia di event Internasional.

"Besar harapan saya Jatim ke depan, pada PON Aceh-Sumut 2024, prestasinya lebih baik dari PON Papua," tuturnya.

Sementara Ketua KONI Jatim M Nabil mengusung target mengantarkan atlet-atlet Jatim menjadi atlet Nasional. Bahkan, dia bertekad agar Jatim terus menjadi provinsi yang terbesar dalam jumlah atlet yang mewakili Indonesia pada kompetisi Internasional. Sampai saat ini, menurut dia, sudah banyak atlet Jatim yang membela tim Merah Putih.

"Kita bersyukur dan pertahankan hal tersebut. Selanjutnya, tugas kami sederhana, menjadi leading sektor membawa nama baik Jatim dalam hal olahraga prestasi," jelas Nabil.

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak menambahkan, pemerintah memiliki tanggung jawab besar terhadap pembinaan olahraga di Jatim untuk dapat meraih prestasi.

"Ada 40 juta warga di Jatim, sebagai provinsi terbesar kedua di Indonesia, kami memiliki tanggung jawab dalam pembinaan olahraga. Ekosistemnya sudah jalan tapi perlu kita tingkatkan," jelas Emil.

Sejak PON XVIII/2012 Riau, Jatim konsisten berada di tiga besar. Saat PON di Riau, Jatim berada di peringkat ketiga dengan 86 emas, 86 perak dan 84 perunggu. Kemudian pada PON XIX/2016 Jawa Barat, menempati peringkat kedua dengan perolehan 132 emas, 138 perak dan 134 perunggu. Terakhir pada PON XX/2021 Papua, Jatim meraih peringkat ketiga dengan 110 emas, 89 perak dan 88 perunggu.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV