SUARA INDONESIA

Banyuwangi Gelar Go West Gantasan 2022, Ratusan Pesepeda Berbagai Daerah Ikut Meriahkan

Muhammad Nurul Yaqin - 14 March 2022 | 18:03 - Dibaca 1.49k kali
Olahraga Banyuwangi Gelar Go West Gantasan 2022, Ratusan Pesepeda Berbagai Daerah Ikut Meriahkan
Ratusan pesepeda berbagai daerah saat ikut meriahkan event Go West Gantasan 2022. (Istimewa).

BANYUWANGI- Banyuwangi menggelar event Go West Gantasan 2022. Ratusan pesepeda dari berbagai kota di Indonesia berpartisipasi dalam event tersebut.

Setidaknya ada sebanyak 270 pesepeda, mulai dari Payakumbuh, Jakarta, Bekasi, Bali, dan kota lain di Jawa Timur turut dalam event balap sepeda pertama yang digelar tahun ini oleh Banyuwangi.

Event tersebut digelar akhir sepekan lalu. Mereka bersepeda dari Pendopo Sabha Swagata Blambangan menuju kawasan Kawah Ijen sejauh 23 Km.

Meski rutenya menanjak menuju lereng Ijen, sepanjang jalan mereka disuguhi pemandangan yang menarik. Mulai dari deretan perkebunan hingga perkampungan warga Using (suku setempat). 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, selama pandemi ini Pemkab memang tidak menggelar event besar, hanya event kecil. Seperti Jazz Kopi dan Jazz Karet.

"Seperti beberapa waktu lalu yang melibatkan komunitas-komunitas pesepeda di sini untuk olahraga sambil menikmati destinasi wisata Banyuwangi. Seiring dengan mulai terkendalinya pandemi ini, kami mulai menggalakkan kembali event sport tourism,” kata Bupati Ipuk, Senin (14/3/2022).

Banyuwangi Festival 2022 telah mengagendakan sejumlah event sepeda. Mulai dari Ikawangi Cycling Nusantara (19 Maret), International BMX ICF Series (21-22 Mei), Ijen Erek-erek Enduro (24-25 Juni), Blue Fire Ijen Challenge (24 September), dan Ijen Geopark Downhill (1 Oktober).

“Sport tourism lain juga kami gelar di tahun ini. Quick Silver Pro G-Land Banyuwangi, ajang selancar paling bergengsi di dunia yang merupakan rangkaian World Surf League, akan dihelat di G-Land (Pantai Plengkung) mulai 26 Mei hingga 6 Juni,” beber Ipuk.  

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi Azis Hamidi menjelaskan bahwa Banyuwangi dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk bersepeda di Indonesia. Kota di ujung timur Pulau Jawa ini punya sarana olahraga bersepeda yang komplit. Sepanjang tahun 2020 ini, Banyuwangi menyuguhkan lima event bersepeda sepanjang tahun yang akan memanjakan para komunitas sepeda. 

Banyuwangi memiliki Sirkuit BMX Muncar berstandar UCI (Union Cycle International) yang dikenal memiliki medan track luar biasa sulit. Bahkan sirkuit ini menjadi lokasi Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) atlet sepeda tim nasional Indonesia. 

“Untuk pengguna sepeda gunung (MTB), Banyuwangi juga memiliki trek downhill di Gantasan Bike Park yang terletak di kaki Gunung Ijen. Bagi yang suka menanjak bisa mencoba rute ke Paltuding Gunung Ijen. Penghobi sepeda juga berburu spot di rute datar di Pantai Boom, dan banyak spot-spot menarik lainnya yang bisa didatangi,” kata Azis. 

"Arahnya ke event yang melibatkan komunitas di Indonesia. Sebab, dampaknya sangat besar. Tingkat kunjungan ke Banyuwangi meningkat. Homestay di Banyuwangi selalu terisi penuh oleh cyclist," ungkap Azis.

Sementara Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Banyuwangi Guntur Priambodo menambahkan bahwa event ini juga sebagai ajang pembinaan atlet muda dan persiapan atlet sepeda Banyuwangi menghadapi Porprov Jatim tahun ini.

“Ini kesempatan bagi atlet muda sepeda Banyuwangi untuk tampil maksimal dan tolok ukur persiapan mereka dalam menghadapi Porprov Jatim Juni mendatang,” pungkas Guntur yang juga Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi ini. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya