SUARA INDONESIA

Tanggapi SE, KONI Ngawi: Selain Atlet Diasuransikan Ada Bonus Puluhan Juta Peraih Medali

Ari Hermawan - 02 June 2022 | 17:06
Olahraga Tanggapi SE, KONI Ngawi: Selain Atlet Diasuransikan Ada Bonus Puluhan Juta Peraih Medali

NGAWI - Surat edaran yang dikeluarkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Ngawi sempat menjadi perbincangan publik.

Khususnya pengurus cabang olahraga (cabor) yang atletnya akan berlaga dalam kompetisi pekan olahraga provinsi (Porprov) Jatim di Jember, 25 Juni 2022 mendatang.

Faisol ketua KONI Ngawi dalam konferensi rilisnya dihadapan awak media mengatakan, bahwa atlet dan official sudah diasuransikan.

"Tidak hanya atlet, official pun sudah kita jamin melalui BPJS. Terkait surat, itupun juga tidak wajib," kata Faisol saat memberikan keterangan di kantor KONI jalan Branjangan, Beran, pada Kamis (2/6/2022).

"Bahkan disiapkan bonus bagi atlet peraih emas sebesar 25 juta, Perak 15 juta dan Perunggu 5 juta itu sudah disetujui Bupati dan ada SK. Jadi KONI perhatian betul terhadap atlet," tambahnya.

Faisol juga menjelaskan, sesuai undang-undang olahraga nomor 3 tahun 2005, ada 4 dari 5 kategori olahraga yang rawan terjadi gugatan oleh pihak atlet jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Keempat kategori tersebut adalah olahraga prestasi, pendidikan, amatir, dan olah raga rekreasi. Sedangkan olahraga profesional tidak masuk dalam rawan permasalahan.

"Legal standing kelima kategori olahraga itu empat kemungkinan bisa terjadi gugatan oleh pihak atlet, untuk olahraga profesional tidak bisa digugat karena bagian dari mata pencaharian dari atlet itu sendiri," ungkap Faisol.

"Maka sebetulnya surat itu untuk memberikan perlindungan kepada cabor, KONI dan pemkab Ngawi bilamana terjadi gugatan, meskipun semua atlit dan official sudah dilindungi asuransi," jelasnya.

Namun, Faisol tidak menampik, adanya peristiwa cidera atlet pada laga pra porprov cabor pencak silat dan basket, pihak KONI melakukan kesalahan karena atlet belum dijamin oleh asuransi.

"kami minta maaf atas kejadian cidera atlit saat pra porprov, karena atlet belum diasuransikan, kami aku itu. Namun, dua atlet tersebut kami bertanggung jawab penuh dengan kita biayai dan kami pantau kondisinya hingga saat ini," tutup Faisol.

Pewarta : Ari Hermawan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya