SUARA INDONESIA

ALP League 2023 Digelar di Jember, SDN Kepatihan 01 Raih Juara Umum

Redaksi - 02 December 2023 | 20:12 - Dibaca 3.54k kali
Olahraga ALP League 2023 Digelar di Jember, SDN Kepatihan 01 Raih Juara Umum
Pengumuman pemenang dan pemberian apresiasi kepada peserta lomba peraih juara ALP League 2023 di Aula Soedirman Brigif 09/Kostrad, Jember. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, JEMBER - ALP League 2023 yang digelar Universal PT. Tempurejo telah usai digelar. Pemenang pun diumumkan pada acara penutupan di Aula Soedirman Brigif 09/Kostrad, Jember, Kamis (30/11/2023) kemarin. 

SDN Kepatihan 01 diketahui berhasil meraih juara umum. Gelaran ALP League 2023 tersebut ditutup dengan pemberian apresiasi pada para juara di masing-masing lomba. 

Diketahui, ajang olahraga bergengsi tersebut merupakan inisiasi dari Universal PT. Tempurejo bekerjasama dengan Imaji Sociopreneur, yang diikuti oleh 72 lembaga sekolah SD/MI dan TK se-Kabupaten Jember dengan total peserta 1100 anak. 


Selain itu, ALP League 2023 tersebut juga dimeriahkan 40 stand UMKM, sehingga menyerap antusiasme masyarakat. Selama tiga hari pelaksanaan kegiatan tercatat ada sebanyak 4.000 pengunjung yang hadir. 

Moch Musta’anul Khusni selaku direktur utama Imaji Sociopreneur mengatakan, bahwa kegiatan ALP League 2023 ini merupakan tahun kedua. 

"Sebelumnya ALP League dilaksanakan di Kecamatan Wuluhan dan tahun ini dilaksanakan di area kota jember untuk bisa diikuti lebih banyak peserta dari seluruh penjuru Kabupaten Jember," ungkapnya. 

ALP League 2023 sendiri digelar sebagai sarana tepat untuk memberikan informasi dan publikasi terkait pencegahan pekerja anak di industri tembakau melalui sarana kompetisi olahraga dan seni agar mampu memberikan kesan dan wadah bagi anak-anak supaya berprestasi. 

"Disamping itu, untuk menyampaikan pesan pencegahan pekerja anak, dikarenakan pada kegiatan ini diikuti tidak hanya oleh anak-anak saja melainkan guru dan orang tua juga terlibat," ujar Imaji. 

"Sehingga dengan adanya kegiatan ini secara tidak langsung semakin banyak pihak yang mengetahui tentang bahaya pekerja anak baik larangan secara hukum maupun potensi bahaya kesehatan yang bisa dialami oleh anak-anak yang bersentuhan dengan daun tembakau basah," imbuhnya. 

Dalam pelaksanaannya, terdapat 6 cabang yang dilombakan diantaranya lomba sepakbola mini, lomba kasti putra dan putri, lomba paduan suara, lomba tari lahbako, lomba poster stop pekerja anak, yang diikuti oleh siswa siswi SD, dan lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa siswi TK. 

Tampak hadir dalam acara itu, perwakilan Universal PT Tempurejo, perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Kantor Kementerian Agama, PASI Teritorial Brigif 09 Kostrad, Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana, dan Bupati Jember yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja. 

Sejumlah tamu undangan yang hadir dalam kesempatan itu turut menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi bersama dalam upaya pencegahan pekerja anak guna memberikan masa depan yang lebih baik untuk generasi masa depan. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV