SUARA INDONESIA

Kenali Keunggulan Honda Smart Key System di New Honda Vario 125

Agus Sulistya - 31 December 2022 | 08:12 - Dibaca 3.04k kali
Otomotif Kenali Keunggulan Honda Smart Key System di New Honda Vario 125
Ilustrasi smart key

SURABAYA - Seiring berkembangnya teknologi, beberapa sepeda motor Honda saat ini sudah tidak memakai anak kunci atau keyless. Fitur yang memberikan banyak kemudahan bagi para pecinta sepeda motor ini dinamai Honda Smart Key System. Kita bisa temukan fitur canggih ini pada New Honda Vario 125, Honda Smart Key System sebagai salah satu keunggulannya. Kenali keunggulan dan fungsi dari Honda Smart Key System.  

Keunggulan dari Honda Smart Key adalah dapat menghidupkan sepeda motor Honda tanpa anak kunci. Fitur lain yang terdapat pada Honda smart key diantaranya answer back system dan anti thief alarm. Answer back system merupakan fitur untuk menemukan posisi sepeda motor dan memberitahu bahwa fungsi immobilizer pada sistem Honda smart Key telah diaktifkan.

Sementara fitur anti thief alarm (sistem alarm anti-maling) berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian. Apabila sistem alarm anti-maling telah diaktifkan dan sensor mendeteksi adanya getaran atau gerakan pada sepeda motor, maka buzzer berbunyi dan lampu sein berkedip. 

Untuk itu perlu diperhatikan hal – hal di bawah ini agar penggunaan Honda Smart Key-nya maksimal dan baik tentunya. Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan remote Honda Smart Key :

1. Hindari tekanan berlebih terhadap remote smart key

Tekanan yang berlebih pada remote smart key dapat mengakibatkan kerusakan terlebih lagi apabila terjatuh dari tempat yang tinggi atau dengan keras akan menjadikan remote smart key dapat menjadi error

2. Hindari meletakkan remote smart key di dalam bagasi sepeda motor

Meletakkan remote smart key di dalam bagasi depan maupun bagasi bawah jok sepeda motor berpotensi remote smart key tertinggal di bagasi pada saat meninggalkan sepeda motor. Apabila remote smart key tertinggal motor rawan akan pencurian.

3. Usahakan remote smart key tetap kering

Remote smart key yang terkena air atau basah dapat berpotensi terjadinya korsleting apabila digunakan secara langsung. Apabila smart key terkena air atau basah diusahakan mengeringkan nya terlebih dahulu sebelum digunakan.

4. Jauhkan remote dengan benda elektronik yang menghasilkan gelombang radio

Gelombang radio yang terdapat pada perangkat eloktronik seperti televisi, laptop dan PC dapat mengganggu sinyal komunikasi antara remote smart key dengan sepeda motor.

5. Simpan dan Rahasiakan ID Tag

Simpan ID Tag di tempat yang aman dan jangan memberitahukan kode ID Tag kepada orang lain. ID tag berfungsi sebagai alat untuk mengoperasikan sepeda motor dalam kondisi darurat, registrasi tambahan saat semua Honda Smart Key System hilang dan registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti. Dan letakan remote smart key di saku atau di dalam tas agar mengurangi potensi terjadinya kehilangan remote smart key.

6. Simpan Smart Key Cadangan di Rumah

Cukup membawa satu Smart Key saja saat berkendara, sehingga apabila Anda mengalami kehilangan remote smart key ketika berkendara, masih ada cadangan remote smart key lainnya di rumah.

7. Posisikan Remote Off Saat Tidak Digunakan

Pada saat Anda sudah sampai di tempat tujuan, pastikan posisi sepeda motor di kunci setang dan remote posisi Off, agar sinyal yang menghubungkan smart key dan motor terputus. Indikator Honda Smart Key System ada di posisi OFF adalah lampu berwarna merah pada remote dan akan menyala saat ditekan.

Jadi, pastikan selalu menggunakan Honda Smart Key System dengan benar agar keamanan dan kenyamanan dalam berkendara tetap terjaga. Namun apabila membutuhkan keterangan lebih lanjut dapat dilihat dalam buku pedoman pemilik sepeda motor (khusus untuk unit yang sudah menggunakan sistem Smart Key ). 

“Jika menemukan kendala saat mengoperasikan Smart Key System segera kunjungi bengkel resmi AHASS terdekat.” Kata M Bondan Priyoadi, Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV