SUARA INDONESIA

Ngaji Jurnalistik, Cara HMPS KPI UIN KHAS Jember Wadahi Bakat Menulis Mahasiswa

Wildan Mukhlishah Sy - 15 September 2021 | 19:09 - Dibaca 968 kali
Pendidikan Ngaji Jurnalistik, Cara HMPS KPI UIN KHAS Jember Wadahi Bakat Menulis Mahasiswa
Kegiatan Ngaji Jurnalistik dengan tema Pengenalan Dasar Jurnalistik yang digagas oleh HMPS KPI UIN KHAS Jember.(Foto: HMPS KPI UIN KHAS Jember)

JEMBER- Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, yang diikuti oleh mahasiswa semester satu hingga lima, Kamis (15/7/2021).

Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi dan memberikan wadah untuk menyalurkan bakat menulis yang dimilki oleh mahasiswa, dengan menggandeng sejumlah alumni KPI yang telah aktif di profesi jurnalistik.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa HMPS KPI UIN KHAS Jember Dwi Sugesti Mega menjelaskan, pihaknya memilih lulusan KPI sebagai narasumber untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa KPI, agar lebih percaya diri untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang jurnalistik.

“Kita pengen ngasih tau ke temen-temen bahwa banyak alumni KPI yang akhirnya benar-benar menekuni bidang jurnalistik dan sukses terjun di media,” jelasnya. 

Dirinya menambahkan, HMPS KPI kedepannya juga telah berencana untuk melakukan sinergi dan kolaborasi bersama dengan para dosen yang memiliki kompetensi di bidang jurnalistik dan berpengalaman di perusahaan media.

Sehingga dapat 
memberikan pengetahuan yang lebih mendalam kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Kemarin sudah mencoba untuk sinergi dengan dosen, tapi masih terkendala dengan kegiatan beliau-beliau. Kedepannya pasti kita lakukan, biar teman-teman juga bisa lebih paham lagi tentang jurnalistik,” imbuhnya.

Menurut Mega budaya literasi di kalangan mahasiswa merupakan salah satu hal penting yang perlu untuk terus ditingkatkan. Dengan demikian, pencapaian yang diinginkan dari kegiatan Ngaji Jurnalistik adalah mahasiswa mampu lebih percaya diri untuk menunjukkan hasil karyanya kepada khalayak secara luas.

“Setelah Ngaji Jurnalistik, karya dari mereka kita letakkan di mading. Dengan begitu mereka tidak lagi merasa malu untuk menjukkan hasil karyanya, jadi bisa meningkatkan rasa percaya dirinya juga,” lanjutnya.

Tidak hanya bekerjasama dengan alumni dan dosen di UIN KHAS Jember, namun HMPS KPI akan terus melakukan inovasi dengan menggandeng media-media yang ada di Kabupaten Jember untuk memberikan literasi dan pengetahuan baru, demi meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam bidang kepenulisan.

“Nanti kita juga akan coba kolaborasi dengan media-media yang ada di jember, untuk sharing atau mengisi materi tentang jurnalistik di program kerja kita ini,” katanya.

Dirinya berharap, seluruh kegiatan positif yang dilakukan oleh HMPS KPI selalu mendapatkan dukungan secara pernuh dari pihak kampus khususnya Fakultas Dakwah. 

“Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini, selalu didukung sama kampus khususnya Fakultas Dakwah,” pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV