SUARA INDONESIA

Ubah Gelatin Babi ke Kambing, Mahasiswi UNZAH Genggong Juarai Kompetisi Internasional

Iwan Setiawan - 22 March 2022 | 22:03 - Dibaca 4.58k kali
Pendidikan Ubah Gelatin Babi ke Kambing, Mahasiswi UNZAH Genggong Juarai Kompetisi Internasional
Lima Mahasiswi Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong, Probolinggo berfoto bersama usai meraih juara internasional

KRAKSAAN - Lima Mahasiswi Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo berhasil membawa pulang medali emas dalam Kompetisi Youth International Science Fair Research Collaboration With Universitatea de Vest din Timișoara (UVT) Bulevardul Vasile Pârvan, Timișoara, Romania.

Mereka memenangkan medali emas kategori Science Innovation setelah melakukan penelitian dan menemukan bahan alternatif bahan baku gelatin (ekstrak protein hewan) dari tulang kaki kambing yang selama ini terbuat dari kulit Babi. 

Salah satu anggota tim UNZAH, Dewi Sintawati menjelaskan penelitian itu berawal dari banyaknya limbah tulang yang berserakan dan melihat gelatin diproduksi dengan bahan non halal. 

"Berawal dari banyaknya limbah tulang di daerah saya, juga banyak gelatin terbuat dari babi," paparnya kepada suaraindonesia.co.id, Selasa (22/03/2022).

Dewi ditemani 4 mahasiswi lain yakni Siti Halimatus Sa’diyah, Siti Hanifa, Eva Maufiroh dan Nur Aemi Aministia dari berbagai fakultas dan jurusan.

Pada perlombaan tingkat internasional ini tim UNZAH berhasil menyisihkan 673 tim dari 23 negara berasal dari benua Eropa, Amerika, Australia, Afrika dan Asia.

Sejumlah negara yang bersaing diantaranya United States of America (USA), Serbia, South Korea, México, Kazakhstan, Thailand, Hong Kong, India, dan Macau.

Selain itu ada juga South Africa yang merupakan negara Afrika Bagian timur, Belarus negara bagian Eropa Timur termasuk Romania negara yang terletak di Eropa Tengah.

Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Dr Abdul Aziz Wahab bangga atas capaian mahasiswanya terlebih di ajang internasional.

"Kami bangga dan memberikan apresiasi kepada semua Mahasiswi UNZAH yang telah sukses meraih prestasi membanggakan, mengharumkan nama kampus tercinta ini dengan meraih medali emas di tingkat internasional. Ini adalah prestasi yang sangat luar biasa," terangnya.

Pihak UNZAH Genggong berharap langkah dan prestasi dari kelima mahasiswi ini menjadi contoh dan diikuti oleh mahasiswa lain, sehingga banyak prestasi dan pengalaman yang diperoleh mereka saat menimba ilmu di perguruan tinggi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya