SUARA INDONESIA

Puluhan Mahasiswa UIN KHAS Jember Ikutu Diklat KSR PMI

Wildan Mukhlishah Sy - 13 June 2022 | 08:06
Pendidikan Puluhan Mahasiswa UIN KHAS Jember Ikutu Diklat KSR PMI

JEMBER- Puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, mengikuti pendidikan dasar Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI).

Kegiatan tersebut digelar sejak Sabtu (11/6/2022) hingga Minggu (12/6/2022) kemarin, dengan memfokuskan pada pemenuhan jam pendidikan dalam rangkaian kegiatan Pendidikan dasar KSR PMI unit UIN KHAS Jember.

Ketua KSR PMI UIN KHAS Jember Syafa’atul Habibah menjelaskan, berdasarkan pedoman manajemen relawan PMI, standart jam pelatihan dasar KSR yang harus dipenuhi yakni sebanyak 120 Jam.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memenuhi standart jam pelatihan dasar KSR, sesuai dengan pedoman manajemen relawan PMI,” ungkapnya.

Menurutnya, agenda tersebut memiliki tujuan untuk memberikan bekal yang cukup kepada para sukarelawan, sehingga saat diterjunkan ke lapangan bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada warga.

“Sehingga bisa mendapatkan bekal dasar yang cukup saat akan ditugaskan,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki mengungkapkan, KSR merupakan salah satu tulang punggung relawan PMI di Indonesia, terlebih dalam mempersiapkan bibit-bibit relawan PMI yang profesional.

“KSR dari kampus yang berstatus mahasiswa adalah relawan yang setiap saat bisa digerakkan, selama ini menjadi salah satu relawan utama,” ungkapnya.

Diinformasikan sebelumnya, beberapa materi yang ditempuh oleh peserta dalam diklat KSR PMI UIN KHAS Jember diantaranya, Sheelter, Wash, RFL dan Manajemen Posko.





Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya