SUARA INDONESIA

8 Jurnal UIN KHAS Jember Siap Publikasi Internasional

Wildan Mukhlishah Sy - 13 June 2022 | 08:06
Pendidikan 8 Jurnal UIN KHAS Jember Siap Publikasi Internasional

JEMBER- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, menggelar kegiatan Manajemen Pengeloln Jurnal Ilmiah Internasional Beruputasi, Sabtu (11/6/2022).

Hal tersebut untuk meningkatkan capaian akreditasi, dari delapan jurnal UIN KHAS Jember yang telah terakreditasi Sinta, yakni jurnal Islamika inside, Al-Adalah, An-Nisa, Fenomena, Al-Hikmah, Leaderia, Al Adabiyah dan Indonesia Journal of islamic Communication.

Wakil Rektor II Bidang Akademik UIN KHAS Jember Miftah Arifin mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas capaian yang didapatkan dan meminta agar kedepannya, prestasi tersebut senantiasa dikembangkan .

“Capaian hari ini perlu untuk disyukuri,” ungkapnya.

Dirinya mengingatkan bahwa seluruh civitas akademika UIN KHAS Jember, memerlukan persiapan panjang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Menurutnya, hal tersebut bisa dilakukan dengan belajar kepada kampus-kampus lain.

“Termasuk kepada UIN Salatiga, yang memiliki jurnal IJIMS sebagai jurnal garda depan pada skala internasional,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua LPPM UIN KHAS Jember Zainal Abidin menjelaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menggali ilmu tentang pengelolaan jurnal imiah internasional bereputasi, sehingga dapat menghadapi berbagai tantangan yang akan hadir.

Dalam upanya tersebut, UIN KHAS Jember menghadirkan Editor di Chief IJIMS untuk menggali pengalaman serta strategi, dari awal penerbitan jurnal hingga mampu meraih predikat The Best Quatile untuk bidang religious studies.

“Ini penting sekali untuk dilakukan, karena dapat meningkatkan mutu dan akreditasi jurnal di lingkungan kampus kita,” jelasnya.

Hal serupa juga dipaparkan oleh Kepala Pusat LPPM UIN KHAS Jember Wildani Hefni, yang menilai bahwa sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di pusat penelitian, nantinya akan diarahkan pada penguatan publikasi ilmiah di lingkungan UIN KHAS.

“Kami bahkan juga menyelenggarakan beberapa event internasionala dengan menghadirkan narasumber dari luar negeri, yang bertujuan untuk meminta kebersediaan mereka mereview jurnal yang ada disini,” tandasnya.


Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya