SUARA INDONESIA

LPTNU Bakal Gelar Rakernas, Rumuskan Arah Pendidikan Nahdlatul Ulama

Lukman Hadi - 06 February 2023 | 19:02 - Dibaca 818 kali
Pendidikan LPTNU Bakal Gelar Rakernas, Rumuskan Arah Pendidikan Nahdlatul Ulama
LPTNU Bakal Gelar Rakernas, Rumuskan Arah Pendidikan Nahdlatul Ulama

SIDOARJO - Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) serius dalam membangun dan mengembangkan pendidikan menjelang peringatan 1 Abad NU.

Sekretaris LPTNU, Ahmad Suaedy mengatakan, ketertinggalan pendidikan harus menjadi prioritas bagi NU.

"Jumlah perguruan tinggi kita cukup banyak, sampai pelosok pun ada. Sayangnya kualitas masih ada kesenjangan. Kondisi di Jawa dan Papua masih jauh sekali, dan masih banyak kampus yang saat ini berfokus mengejar ranking, bukan memperbaiki kualitas pendidikan tinggi," ujarnya, Senin (6/2/2023).

Ia menyampaikan, LPTNU bakal menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) untuk merumuskan filosofi pendidikan tinggi Nahdlatul Ulama.

"Rakernas LPTNU ini, adalah salah satu kegiatan formal NU dalam kategori pendidikan, dengan tujuan untuk merumuskan filosofi kami dalam menyambut abad kedua. Kita perlu tentukan arah ke depan," ungkap Dekan Fakultas Islam Nusantara Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia itu.

Ia menyampaikan, filosofi yang akan dibangun NU untuk pendidikan tinggi berfokus pada tiga hal, yakni platform pendukung, landasan kebijakan dan pemanfaatan teknologi informasi.

"Bagaimana agar PTNU tidak ketinggalan dari yang lain tanpa mengatakan harus mengejar, makanya kami harus punya platform, landasan kebijakan, serta memanfaatkan teknologi," bebernya.

Ia pun meminta semua masyarakat mendukung gagasan LPTNU ini dalam bentuk pikiran dan masukan, karena formula perubahan NU di abad 21 ini tidak bisa dicari oleh NU sendiri.

"Kami butuh dukungan pikiran dari civitas akademika di kampus lain bahkan yang bukan NU. Karena tantangan pendidikan dan tantangan dunia saat ini makin kompleks. Kita kumpulkan bersama pikiran dan strategi untuk menghadapi abad kedua NU," jelasnya.

Perlu diketahui, Rakernas LPTNU dan Konferensi PTNU 2023 akan diadakan di Medan Sumatera Utara, pada 8-10 Maret 2023. Tema yang diangkat pada acara ini nantinya "Merawat Jagad, Membangun Peradaban dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi."

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV