SUARA INDONESIA

Santri Ponpes Tebuireng Ikuti Kajian Kitab Irsyadul Mu’minin Karya Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari

Gono Dwi Santoso - 25 March 2023 | 12:03 - Dibaca 1.50k kali
Pendidikan Santri  Ponpes Tebuireng Ikuti Kajian Kitab Irsyadul Mu’minin Karya Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari
Ratusan Santri Pesantren Tebuireng Jombang saat ikuti kajian kitab kitab Irsyadul Mu’minin karya Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari di masjid Ponpes Tebuireng Jombang, Jumat (24/03/2023)

JOMBANG -   Untuk mengisi waktu dan menambah ilmu di bulan Ramadan 1444 H, ratusan santri  di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang mengikuti pengajian Ramadhan, yaitu mengaji kitab karya Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari .

Dimana salah satunya adalah kitab Irsyadul Mu’minin  yang disampaikan langsung oleh pengasuh pondok pesantren Tebuireng (putri) KH Fahmi Amrullah Hadziq atau Gus Fahmi di Masjid Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jumat (24/03/2023).

Kegiatan pengajian Ramadan kitab kuning  yang di adakan di ponpes Tebuireng ini, rutin tiap tahun diadakan pondok pesantren Tebuireng  Jombang.

Tampak di lokasi para santri dengan khusuk menyimak penjelasan kitab yang di bacakan Gus Fahmi  yang berisi tentang kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW dan para santri menyalin penjelasan dari  kitab tersebut yang sudah dijelaskan oleh Gus Fahmi.

Ditemui seusai mengisi pengajian kitab Irsyadul Mu’minin ,Gus Fahmi mengatakan, bahwa kegiatan bulan Ramadhan di tahun ini  di pesantren Tebuireng masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

" Diantaranya pengajian kilatan ramadan ,yakni kajian puluhan kitab kuning ,selain kitab Irsyadul Mukminin Pondok Pesantren Tebuireng juga mengkaji kitab Hadzihi Risalah Jamiah Maqasid, yang juga karya Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari,"terangnya.

Gus Fahmi menambahkan setiap bulan ramadan selau memberikan kajian tentang kitab karya KH Hasyim Asyari. Salah satunya adalah kita Irsyadul Mu’minin .Selain itu,  juga ada kitab-kitab klasik lainnya karya KH Hasyim Asy'ari.

" Selama Ramadhan terdapat pengajian kilatan hingga 17 Ramadhan. Pengajian selama lima waktu  yakni setelah subuh,setelah zuhur, setelah asar, setelah magrib  serta setelah salat tarawih Tujuannya, aga santri Tebuireng mendapatkan berkah bulan Ramadhan," pungkasnya.

Dimas Fahdiansyah (11)  salah satu santri dari NTT yang mengikuti pengajian kilatan mengatakan tadi mengikuti semua kegiatan ngaji kilatan di ajarkan ngaji kitab Irsyadul Mukminin Isinya yaitu tentang perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW.

" Alhamdulillah betah,  baru mondok sekitar 7 bulanan di pondok pesantren Tebuireng Jombang dan selalu mengikuti pengajian kegiatan ramadan di tahun ini ,"pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV