SUARA INDONESIA

Tingkatkan Gemar Baca Anak, Dinas Arpus Cilacap Gelar Lomba Bercerita SD/MI 2023

Satria Galih Saputra - 31 May 2023 | 22:05 - Dibaca 1.27k kali
Pendidikan Tingkatkan Gemar Baca Anak, Dinas Arpus Cilacap Gelar Lomba Bercerita SD/MI 2023
Foto Bersama Kepala Dinas Arpus Cilacap, Achmad Fauzi dan ke 6 Siswa Pemenang Lomba Bercerita (Foto : istimewa)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Sebanyak 6 siswa sekolah dasar (SD) di wilayah Kabupaten Cilacap menjadi pemenang lomba bercerita tahun 2023 tingkat Kabupaten yang digelar oleh pemerintah kabupaten Cilacap melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Cilacap. 

Lomba tersebut digelar di Sindoro Hotel pada Rabu (31/05/2023) diikuti 24 siswa SD/MI yang lolos seleksi mewakili Kecamatan masing-masing. 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Cilacap, Achmad Fauzi mengungkapkan, tujuan lomba bercerita ini untuk meningkatkan gemar membaca anak, khususnya siswa sekolah dasar (SD). 

"Kalau mau ikut lomba bercerita ini pasti membaca dulu, nggak mungkin ngasal. Dan tadi yang diceritakan oleh peserta lomba terkait dengan budaya lokal asli Cilacap, baik di wilayah Kecamatan, Desa, cerita legenda, maupun cerita tentang asal usul nama Cilacap tadi juga ada," katanya. 

Hal itu, lanjut Fauzi, untuk memberikan rasa cinta sejak dini dan anak-anak agar mengetahui tentang sejarah dan budaya Cilacap. 

"Peserta lomba ini sudah diseleksi di 24 Kecamatan, sehingga anak-anak ini juara semua di tingkat Kecamatan, kemudian melaju ke tingkat Kabupaten. Dan kami sudah memberikan yang terbaik dengan menyiapkan hadiah untuk para juara, ada uang pembinaan," jelasnya. 

Fauzi menambahkan, lomba tersebut rutin digelar setiap tahunnya dengan tema cerita yang berbeda. 

"Kalau nanti ada lomba tingkat Provinsi, peserta yang meraih juara l akan menjadi perwakilan Kabupaten Cilacap, tahun ini belum ada informasi," tandasnya. 

Lebih lanjut, kata Fauzi, berdasarkan penelitian UNESCO, tingkat minat baca di Indonesia sangatlah rendah hanya 0,001 persen atau 1 dari 1.000 orang yang gemar membaca.

"Sehingga hal itu menjadikan motivasi kita di era digital saat ini. Dan melalui lomba ini, anak-anak lebih cinta terhadap cerita lokal, mereka bisa menggali sendiri, dan bisa dimengerti lalu diceritakan ke teman-teman seumurannya," ujarnya. 

Disamping itu, juga diharapkan dapat membentuk karakter anak dan melatih mental serta menjadikan anak-anak cinta tanah air. 

Dari 24 siswa peserta lomba, 6 siswa menjadi pemenang lomba masing-masing Aufa Azalia Nur Rokhmah siswa SD Islam Plus Masyithoh Kroya meraih juara Harapan lll, Anggelita Hasanah Maharini siswa SDN Ciklapa 01 Kedungreja juara Harapan ll dan Marsha Aurora Nur Amalia siswa SD Al-Irsyad 01 Cilacap Selatan meraih juara Harapan l. 

Kemudian, pemenang lomba juara I, II dan III diraih Safa Nur Aisah siswa SDN Slarang 02 Kesugihan mendapat juara III, Chiquilla Azza Challysta Askadelin Tristian siswa SD IT Bina Anak Soleh Cilacap Tengah juara II dan Naffisa Khumaira siswa SDN Tambaksari 01 Wanareja mendapat juara I. 

Sementara itu, Naffisa Khumaira salah satu pemenang lomba dari SDN Tambaksari 01 Wanareja saat ditemui mengaku senang dirinya mendapat juara I lomba bercerita. 

"Senang dapat juara I. Tadi ceritanya tentang 'Misteri Gunung Pemidangan'. Diajarin sama bu guru selama tiga minggu. Kebetulan aku juga senang membaca," ucap Naffisa. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV