SUARA INDONESIA

Tips Memilih Hewan Kurban Ala MUI Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 19 June 2023 | 17:06 - Dibaca 762 kali
Pendidikan Tips Memilih Hewan Kurban Ala MUI Sumenep
Hewan kurban di Kabupaten Sumenep, (Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id).

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Hari Raya Idul Adha, selalu identik dengan penyembelihan hewan kurban, seperti unta, sapi, kerbau, domba, dan kambing. 

Pemilihan hewan kurban, tentu menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan oleh para umat muslim. Tak hanya tentang kuantitasnya, namun juga kualitas dari daging hewan itu sendiri. 

Atas hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumenep turut memberikan sejumlah tips dalam memilih hewan kurban, sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan oleh Islam. 

Sekertaris MUI Sumenep Mustafa menjelaskan, ada setidaknya tiga kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan kurban, diantaranya termasuk jenis hewan ternak, memenuhi usia minimal sesuai syariat Islam dan dalam kondisi sehat. 

"Usahakan jangan sampai ada yang sakit karena ini menjadi syarat sah berkurban," ungkapnya, saat dikonfirmasi sejumlah media, Senin (19/06/2023). 

Lebih lanjut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, agar segera melakukan survei kepada penjual hewan kurban yang ada di kabupaten setempat. 

Dirinya ingin memastikan bahwa hewan kurban yang dijajakan di Sumenep, tetap dalam kondisi aman saat akan disembelih dan dikonsumsi oleh masyarakat. 

"Biar hewan kurban yang dibeli oleh masyarakat tetap dalam keadaan sehat dan layak untuk disembelih," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV