SUARA INDONESIA

Lewat Lomba Baca Puisi, Pemkab Sumenep Dorong Lahirnya Generasi Penerus Celurit Emas

Wildan Mukhlishah Sy - 24 June 2023 | 16:06 - Dibaca 2.50k kali
Pendidikan Lewat Lomba Baca Puisi, Pemkab Sumenep Dorong Lahirnya Generasi Penerus Celurit Emas
Salah seorang peserta lomba puisi karya si Bung. (Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id)

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep mendorong lahirnya generasi si celurit emas, melalui penyelenggaran Lomba Baca Puisi Karya Si Bung Piala Bupati yang digelar di Pendapa Keraton Kabupaten Sumenep, Sabtu (24/06/2023). 

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi melalui Wakil Bupati Dewi Khalifah, saat memberikan sambutan di hadapan ratusan peserta lomba. 

"Semoga dengan ini juga terlahir generasi penerus si celurit emas," ungkapnya. 

Sebagai informasi, celurit emas merupakan sebutan bagi sastrawan asal Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, Zawawi Imron. 

Sosoknya telah dikenal di berbagai penjuru dunia, melalui bait-bait puisi dan lukisan tangannya yang selalu berhasil menghipnotis penikmatnya. 

Wabup Sumenep mengungkapkan, banyak masyarakat Sumenep yang memiliki bakat minat di bidang kesenian dan sastra, termasuk dalam menulis atau membaca puisi. 

Bahkan, dirinya sendiri juga merupakan pribadi yang menggeluti dunia tulis menulis dan mengidolakan sejumlah penyair ternama, salah satunya adalah Chairil Anwar. 

Untuk itu, Nyai Eva panggilan akrab Wabup Sumenep ini, mengajak agar masyarakat khususnya generasi muda di Sumenep yang gemar membaca atau menulis puisi, agar senantiasa mengasah kemampuan yang dimilikinya. 

"Semangat terus dalam mengembangkan bakat yang dimiliki," katanya. 

Sementara itu, Ketua PD IWO Sumenep Imam Mustain Ramli mengungkapkan, sebagai organisasi profesi wartawan pihaknya juga memiliki tanggung jawab dalam membumikan pikiran-pikiran Bung Karno, melalui tulisan maupun kegiatan-kegiatan kebudayaan yang bertujuan untuk membangun karakter dan kepribadian masyarakat. 

"Jurnalis sebagai pilar demokrasi harus mengambil peran dalam kemajuan bangsa, salah satunya dengan cara membumikan pikiran Bung Karno sebagai titik tolak kehidupan berbangsa dan bernegara," tandasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV