SUARA INDONESIA

Ribuan Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Jombang Jalani Wisuda Tahfidz Juz 30

Gono Dwi Santoso - 30 January 2024 | 13:01 - Dibaca 845 kali
Pendidikan Ribuan Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Jombang Jalani Wisuda Tahfidz Juz 30
Ribuan Siswa Madrasah Ibtidaiyah saat menjalani Wisuda Tanfidz Juz 30 di Masjid Agung Baiturrahman oleh Kementrian Agama Kabupaten Jombang,Selasa (30/01/2024).( Foto : Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, JOMBANG - Ribuan siswa Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengikuti wisuda tahfidz juz 30 di Masjid Agung Baiturrahman, Selasa (30/01/2024). Wajah semringah terpancar dari siswa yang mengikuti wisuda ini.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang, Muhajir mengatakan, wisuda ini diikuti oleh siswa-siswi MI yang hafal Alquran juz ke-30.

"Ini merupakan agenda pertama memperingati Hari Amal Bhakti Kemenag ke 78. Wisuda ini diikuti oleh 2.348 dari total 66.062 jumlah siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Jombang," terangnya.

Muhajir menjelaskan, tahun ini persentase peserta wisuda masih kecil, sekitar 3,6 persen dari total jumlah siswa Madrasah Ibtidaiyah.

"Kami berharap, semoga di tahun depan minimal lima persen santriwan-santriwati dari Madrasah Ibtidaiyah yang mengikuti wisuda juz 30," ujarnya.

Muhajir memaparkan, metode pembelajaran bagi siswa-siswi penghafal Alquran di Madrasah Ibtidaiyah itu diserahkan kepada madrasah masing-masing.

"Sebelum dilakukan wisuda hari ini, terlebih dahulu dilakukan kegiatan munaqosyah yang dilakukan dua kali. Pertama Desember 2023 untuk siswa dan siswi kelas enam, dan awal Januari untuk kelas lima ke bawah," paparnya.

Muhajir mengharapkan, kedepannya ketika dinyatakan lulus dari Madrasah Ibtidaiyah, siswa sudah hafal Alquran juz 30. "Target kami, begitu lulus dari Madrasah Ibtidaiyah bisa hafal Alquran juz 30," pungkasnya.(*)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV