SUARA INDONESIA

Unirow Tuban Kembali Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Pekan Seni Mahasiswa Daerah Jawa Timur

Irqam - 28 July 2024 | 20:07 - Dibaca 1.89k kali
Pendidikan Unirow Tuban Kembali Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Pekan Seni Mahasiswa Daerah Jawa Timur
Rektor Unirow Tuban, Dr. Warli menyerahkan hadiah kepada peserta pemenang lomba dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) XVII Jawa Timur 2024. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TUBAN - Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban kembali ditunjuk kedua kalinya menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) XVII Jawa Timur 2024. Tangkai lomba baca puisi yang digelar di Aula Lantai II Gedung Rektorat Unirow Tuban ini berlangsung pada 26-27 Juli 2024.

Turut hadir Jajaran Rektorat Unirow Tuban, Perwakilan dari BPSMI Jawa Timur yang juga merupakan salah satu dewan juri I, yakni Nanang Suryadi, Wahyu Haryanto dan Agus R. Kemudian Subagyo sebagai dewan juri II dan III tangkai lomba baca puisi Peksimida XVII.

Rektor Unirow Tuban, Dr. Warli dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menjadi tuan rumah kali kedua pada kegiatan Peksimida XVII Jawa Timur 2024.

“Di tahun 2018, kita juga ditunjuk sebagai tuan rumah khususnya pada bidang lomba fotografi. Selain itu atas keterbatasan yang kami miliki, kami mohon maaf jika ada fasilitas apabila belum memenuhi syarat,” ujar Warli, Minggu (27/07/2024).

Dr. Warli menjelaskan, kegiatan ini diikuti PTN dan PTS se-Jawa Timur dengan jumlah 46 peserta dari 33 universitas. Selain itu, menghadirkan dewan juri lomba yang berasal dari kalangan profesional yaitu BPSMI Jawa Timur, Balai Bahasa, dan praktisi.

“Selamat dan semangat kepada para mahasiswa yang menjadi peserta pada kegiatan lomba hari ini, harapannya semua bisa mengikuti kegiatan hingga akhir acara nanti. Maka dari itu, berilah pertunjukan terbaik dalam pembacaan puisi nanti,” katanya.

Sementara itu, perwakilan BPSMI Jawa Timur yang juga merupakan salah satu dewan juri, Nanang Suryadi menyampaikan, Peksimida ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan dua tahun sekali. Ia juga mengapresiasi Unirow Tuban yang telah bersedia menjadi tuan rumah dengan menyiapkan segala fasilitas dan kebutuhan dalam perlombaan ini.

“Saya mewakili BPSMI Jawa Timur juga mengucapkan terimakasih kepada Universitas PGRI Ronggolawe Tuban sehingga Peksimida XVII ini khususnya tangkai lomba baca puisi dapat terselenggarakan. Terimakasih bapak rektor, yang telah berkenan menjadi tuan rumah dan menyiapkan segala fasilitas dan kebutuhan,” terang Nanang.

Nanang menerangkan, lomba baca puisi yang ditampilkan terbagi menjadi dua bagian yang diantaranya merupakan puisi wajib berjumlah 2 puisi untuk masing-masing putra dan putri, serta 15 puisi pilihan yang telah ditentukan oleh panitia. Lalu pada aspek penilaian, dibagi menjadi empat aspek diantaranya pemahaman, penghayatan, vokal dan penyajian. Setiap peserta hanya tampil satu kali, tanpa babak penyisihan.

“Pemenang juara pertama pada setiap lomba ini, akan mewakili provinsi pada lomba selanjutnya yakni Pekminas yang akan digelar di Jakarta,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, pemenang dari tangkai lomba baca puisi ini dipilih dari kategori putra dan putri diantaranya:

Juara I

Ahmad Roni Hidayat, Universitas Negeri Surabaya

Fedina Emi Ayu Lestari, Universitas Negeri Surabaya

Juara II

Muhammad Aqib, Universitas Brawijaya

Aisyah Marsha Nabila, Universitas Muhammadiyah Malang

Juara III

Ocatavian Bagas Pramudika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Nabilla Mahda Susila, Universitas Negeri Malang

Harapan I

Moh. Sudirman, Universitas Trunojoyo Margareza Dwi Wahyuni, Universitas Airlangga

Harapan II

Muhammad Noor Fu’adi, Universitas Muhammadiyah Malang

Jihan Aurah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Harapan III

Kurniawan Hidayat, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Adiska Putria Nova, Universitas 17 Agustus Surabaya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV