SUARA INDONESIA

Disdik Sumenep Komitmen Siapkan Peserta Didik Unggul dan Berdaya Saing

Wildan Mukhlishah Sy - 29 July 2024 | 16:07 - Dibaca 1.93k kali
Pendidikan Disdik Sumenep Komitmen Siapkan Peserta Didik Unggul dan Berdaya Saing
Diklat kepemimpinan bagi guru dan kepala sekolah se-Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep berkomitmen untuk mencetak peserta didik yang unggul dan memiliki daya saing tinggi, serta siap menghadapi dunia kerja.

Demi merealisasikan hal tersebut, Disdik menggelar diklat kepemimpinan bagi guru dan kepala sekolah se Sumenep di Hotel Asmi, Senin (29/07/2024).

Kegiatan tersebut, bertujuan untuk memberikan wawasan dan peningkatan kapasitas guru, serta kepala sekolah di bawah naungan Disdik Sumenep.

Kepala Disdik Sumenep Agus Dwi Saputra mengaku, dirinya sangat memahami pentingnya peran tenaga pendidik dalam membentuk siswa/siswi berkarakter.

Kendati begitu, Agus menyadari bahwa menjadi tenaga pendidik bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena, dibutuhkan banyak strategi serta inovasi dalam mengajar.

Dengan begitu, pembentukan karakter siswa dan transfer ilmu pengetahuan dapat terlaksana secara maksimal.

Maka melalui diklat kepemimpinan tersebut, dirinya juga kembali menanamkan bahwa tenaga pendidik harus handal, sebagaimana tiga kompetensi pendidikan. Diantaranya kepribadian, sosial dan profesional.

“Diharapkan, hasil dari ini menghasilkan peserta didik yang mampu bersaing dan unggul di dunia kerja sesuai dengan kompetensinya,“ terangnya.

Terdapat setidaknya sembilan materi dalam diklat kepemimpinan tersebut. Yakni, kebijakan kepemimpinan, refleksi filosofi pendidikan, nilai dan peran pelajaran.

Selanjutnya, coaching supervisi akademik, budaya positif, pengambilan keputusan, pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, pengelolaan program yang berpihak pada murid dan terakhir implementasi kepemimpinan di sekolah.

Sedangkan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Sumenep Akhmad Fairusi menjelaskan, dalam diklat ini pihaknya melibatkan seluruh Kepala Sekolah dan guru penggerak angkatan sembilan di bawah satuan pendidikannya.

Mereka akan dibimbing langsung oleh tiga elemen penting sebagai narasumber yang memang konsisten di dunia pendidikan. Kepala Disdik Sumenep Agus Dwi Saputra, Widyaprada Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jatim dan Dewan Pendidikan Sumenep (DPKS).

Diklat ini dikonsep In Service Training, On The Job Training dan In Service Training. Senin (29/7/2024) sampai Rabu (31/7/2024) secara In Service Training, Senin (5/8/2024) - Sabtu (17/8/2024) On The Job Training dan Senin (19/8/2024) In Service Training.

“Jadi, konsepnya itu kepala sekolah dan guru penggerak dibimbing selama tiga hari, kemudian praktik lapangan ke masing-masing sekolah dan terakhir kembali ke lokasi diklat untuk presentasi hasil,“ tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV