SUARA INDONESIA

Tingkatkan Literasi, Siswa SDU Nurul Huda Kunjungi Museum Huruf Jember

Fathur Rozi (Magang) - 23 October 2024 | 20:10 - Dibaca 144 kali
Pendidikan Tingkatkan Literasi, Siswa SDU Nurul Huda Kunjungi Museum Huruf Jember
Siswa SDU Nurul Huda Pelalangan, saat berkunjung ke Museum Huruf Jember, Rabu (23/10/2024) (Foto: Fathur Rozi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JEMBER- Sejumlah siswa kelas 6 Sekolah Dasar Unggulan (SDU) Nurul Huda Plalangan, Kecamatan Kalisat, mengunjungi Museum Huruf Jember, Rabu (23/12024). Kunjungan ini untuk meningkatkan literasi siswa.

Nurwatil Hidayah, wali kelas 6 SDU Nurul Huda, mengatakan, kunjungan tersebut adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan literasi siswa, dengan mengenalkan secara langsung bentuk dan sejarah aksara kepada mereka.

“Jadi kita belajar mapel Bahasa Indonesia tidak hanya di dalam kelas saja,” terangnya saat ditemui Suaraindonesia.co.id di Museum Huruf, Jalan Bengawan Solo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Selain itu, lanjut Nurwatil, tujuan dari mengunjungi museum huruf ialah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dengan cara memperkenalkan budaya Indonesia, salah satunya budaya aksara. “Untuk menjadi bangsa yang cinta kepada bangsanya sendiri,” jelasnya.

Menurutnya, setelah kunjungan, siswa diwajibkan untuk menulis pengalaman dari study tour tersebut, serta hal-hal yang telah dipelajari dalam kunjungan ke Museum Huruf.

“Karena nantinya kita ingin menulis buku yang isinya antologi cerita pengalaman dari masing-masing siswa,” pungkas Wali Kelas 6 tersebut.

Mochamad Nur Robiatanul Fikri, siswa kelas 6 SDU Nurul Huda, mengatakan, jika kunjungan tersebut memiliki pengalaman dan pembelajaran tersendiri baginya. Banyak hal baru yang dirinya dapatkan dari Museum Huruf.

“Pada awalnya saya mengira, huruf yang pertama adalah huruf Arab. Dan ternyata huruf pertama itu adalah huruf yang saya tidak ketahui,” terang Afik, sapaan akrabnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Fathur Rozi (Magang)
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV