SUARA INDONESIA

Keluhkan Pelayanan PDAM, Abisai Rollo Temui Warga Kelurahan Ardipura

Gito Wahyudi - 18 September 2020 | 14:09 - Dibaca 1.10k kali
Peristiwa Daerah Keluhkan Pelayanan PDAM, Abisai Rollo Temui Warga Kelurahan Ardipura
Ketua DPRD, Abisai Rollo (Kanan) didampingi Dirut PDAM Jayapura, Entis Sutisna saat memberikan arahan kepada Warga Kelurahan Adipura, pada Jumaat (18/09/2020)
JAYAPURA - Menanggapi keluhan masyarakatnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura, Abisai Rollo temui warga Polimak Kelurahan Ardipura, pada Jumaat (18/09/2020) pagi.

Dalam kunjungannya, ABR sapaan akrab Ketua DPRD Kota Jayapura itu menerima aspirasi Warga Kelurahan Ardipura terkait pelayanan Air bersih dari PDAM, yang menurut warga sudah hampir dua tahun lebih masyarakat tidak mendapatkan pelayanan Air bersih dari PDAM.

Penyampaiannya aspirasi dan keluhan warga Kelurahan Ardipura itu langsung dihadapan Ketua DPRD Kota Jayapura yang didampingi oleh Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna beserta jajarannya.

Dalam Kesempatannya Abisai Rollo menyampaikan bahwa, keluhan yang disampaikan masyarakat itu sudah berlangsung sejak 2019 hingga saat ini. Untuk dirinya mengundang Direktur PDAM Jayapura beserta jajaran untuk mendengarkan secara langsung apa kendala dan bagaimana solusi yang harus ditempuh agar masyarakat Kota Jayapura khususnya kelurahan Ardipura bisa mendapatkan pelayanan Air bersih dari PDAM.

"Air ini merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat penting, untuk itu kita harus mencari solusi agar masyarakat ini segera mendapatkan pelayanan Air bersih dari PDAM,"ujar Abisai.

Lanjut Abisai, dari hasil pertemuan tadi ada beberapa opsi yang harus diupayakan untuk menjadi sebuah solusi dalam persoalan Air bersih ini, baik itu solusi jangka panjang maupun jangka pendek.

"Untuk jangka panjang, pihak PDAM sudah mengusulkan programnya dan dipastikan tahun 2021 bisa difungsikan. Sementara jangka pendeknya, PDAM sudah siapkan  mobil tengki untuk disuplai kepada masyarakat,"tuturnya.

Tapi dalam kesempatan tersebut, ada salah satu opsi yang diusulkan oleh warga untuk coba mengambil air dari intik yang ada di depan puskesmas Elly Uyo. Dan setelah pertemuan, ABR bersama PDAM, pihak kelurahan, dan warga langsung menuju lokasi.

"Rencananya kalo volume air di intik yang ada di depan Diler Toyota itu cukup, jadi untuk sementara akan disambungkan ke kelurahan Adipura. Tapi kalo tidak cukup, tentu tidak bisa dipaksakan,"ungkapnya.

ABR berharap, pihak PDAM beserta jajaran bisa menemukan solusi agar Kelurahan Ardipura khususnya seluruh masyarakat Kota Jayapura yang mengalami persoalan yang sama, untuk segera mendapatkan pelayanan Air bersih.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna mengungkapkan bahwa, hal mendasar yang perlu diketahui oleh masyarakat kota Jayapura adalah, debit air disemua induk yang mengalami penurunan debit yang sangat drastis, sehingga menimbulkan lemahnya tekanan air untuk dialirkan ke daerah yang topografinya di dataran tinggi seperti daerah Polimak tersebut.

"Saya mengakui bahwa pelanayan Air di wilayah Polimak ini dalam satu tahun terakhir tidak maksimal, tapi hal ini murni debit air yang ada di Ajen mengalami penurunan yang sangat drastis, meskipun kita sudah melakukan berbagai upaya seperti pembersih beberapa jaringan/sambungan liar,"tutur Entis Sutisna.

Tapi Lanjut Entis Sutisna, tapi puji Tuhan, Alhamdulillah Walikota menyetujui program persediaan Air minum baru melalui Intik Borgonji dua dengan kapasitas 100 liter per detik yang rencananya akan dibangun oleh Dinas PU kota Jayapura.

"Penyaluraan Borgonji ini nanti akan kita didistribusikan ke  Polimak, tapi program ini masih butuh waktu yang diberikan hingga tahun 2021 mendatang,"paparnya.

Tapi untuk menjawab apa yang dikeluhkan oleh warga Kelurahan Ardipura pihaknya akan memberikan solusi jangka pendek.

"Untuk jangka pendek ini kami siapkan dua mobil tangki dan duanya lagi masih dalam proses pengiriman, untuk siap melayani masyarakat, dan tentunya kita akan prioritaskan pelanggan PDAM,"jelasnya.

Sedangkan Intik di depan Diler Toyota Polimak yang diusulkan masyarakat tersebut perlu pastikan apakah cukup atau tidak.

Entis Sutisna berharap solusi yang disampaikan bisa menjawab keluhan warga Kelurahan Adipura atas ketidak maksimalnya pelayanan PDAM.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gito Wahyudi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV