SUARA INDONESIA

Tingkat Positif Covid-19 di Tuban Menurun, Stok Plasma Meningkat

M. Efendi - 14 March 2021 | 19:03 - Dibaca 2.97k kali
Peristiwa Daerah Tingkat Positif Covid-19 di Tuban Menurun, Stok Plasma Meningkat
Foto: seorang pegawai rumah sakit saat melakukan donor plasma di PMI Tuban, (Diah/suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Sejak awal adanya wabah Covid-19, Kabupaten Tuban menduduki peringkat tertinggi angka pasien positif virus Corona ini, yakni sebanyak 3290 orang. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlahnya kian menunjukkan penurunan. 

Terhitung mulai kemarin, tanggal 13 Maret 2021, jumlah pasien positif semakin menurun, dan hanya terdapat 2 orang pasien terkonfirmasi. Kendati begitu, pendonor Plasma Konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban justru meningkat. 

Humas PMI Tuban, Sarju Efendi mengatakan, Stok Plasma Konvalesen di PMI pada hari ini lumayan banyak, yakni mencapai 93 kantong, dikarenakan akhir akhir ini tren permintaan menurun, sebab jumlah kasus positif sudah menurun.

“Alhamdulilah stok lumayan banyak, karena kasus positif Covid-19 di Tuban sudah menurun drastis, semoga pandemi ini cepat berlalu,” ungkap Sarju saat dikonfirmasi oleh suaraindonesia.co.id melalui pesan singkat, Minggu, (14/03/2021).

Sarju menambahkan, permintaan Plasma Konvalesen di rumah sakit, seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R. Koesma Tuban beberapa hari terakhir juga tidak ada. Namun justru RSUD Soetrasno Rembang, Jawa Tengah dan RS Aisyiyah Bojonegoro yang mengkonfirmasi permintaan Plasma Konvalesen ini.

“Hampir setiap hari RSUD Soetrasno Rembang dan RS Aisyiyah Bojonegoro mengkonfirmasi permintaan Plasma Konvalesen di PMI Tuban dan diambil oleh kurir RS masing-masing,” terangnya. 

Dikatakan lebih lanjut, banyaknya RS luar kota yang meminta di PMI Tuban dikarenakan, di Kabupaten Rembang dan PMI nya tidak memiliki stok plasma, sebab disana belum punya alat produksi plasma. 

“Sementara jika ada pasien Covid-19 yang membutuhkan transfusi plasma, jelas ambilnya didaerah terdekat dari Rembang, yaitu PMI Tuban,” kata Sarju.

Perlu diketahui, Plasma Konvalesen merupakan donor plasma dari pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, plasma tersebut akan diberikan kepada pasien positif Covid-19 yang belum sembuh dan disesuaikan dengan golongan darah pasien.

Sejauh ini, stok plasma di PMI Tuban masih ada dan semua bisa terlayani, tidak ada prioritas selama stok ada. Berbeda jika stok kosong dan banyak antrian, maka akan memprioritaskan permintaan di daerah setempat agar dapat terlayani lebih dulu. 

Saat ini, stok Plasma Konvalesen di PMI Tuban, total sebanyak 93 kantong, dilihat dari donasi plasma per tanggal 13 maret 2021 sebanyak 5 kantong, total produksi sebanyak 16 kantong. Sedangkan hari ini terdapat permintaan 2 kantong dari total 374 kantong telah terlayani. Lalu pasien terlayani sebanyak 186 kantong. (DAF/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV