SUARA INDONESIA

Lagi! Linkrafin Jember Kembali Raih Prestasi Nasional

Wildan Mukhlishah Sy - 10 September 2021 | 23:09 - Dibaca 1.81k kali
Peristiwa Daerah Lagi! Linkrafin Jember Kembali Raih Prestasi Nasional
Foto: Linkrafin saat menerima penghargaan Perpusnas RI secara virtual, Jumat (10/9/2021). (Foto: Istimewa)

JEMBER- Lingkar Kreatif Independen (Lingkrafin) kembali mengharumkan nama Kabupaten Jember, dengan menyabet predikat karya rekam audio terbaik, dalam Pekan Penghargaan Perpustakaan RI Tahun 2021, Jum'at (10/9/2021).

Kali ini, lagu dengan judul Terra Pajjer Poteh Temor, dinobatkan sebagai karya terbaik yang mewakili wilayah Jawa Timur.

Tembang yang diciptakan oleh Jamhari, dinilai dapat mengilustrasikan keindahan Jember melalui nilai tradisi yang ditegaskan dalam setiap syair berbahasa Madura.

Selain itu, lagu ini juga memiliki keunikan tersendiri  karena dapat kembali menghadirkan instrumen musik glundengan, yang saat ini sudah mulai menurun eksistensinya.

Pendiri sekaligus Ketua Umum Linkrafin Yudho Andriansyah menjelaskan, keikutsertaannya pada ajang kali ini bertujuan untuk mengenalkan kesenian dan kebudayaan Kabupaten Jember kepada masyarakat luas.

"Kami sangat menyambut baik semua event yang diakan oleh lembaga berskala nasional, yang melibatkan musisi atau kreator di daerah," jelasnya.

Yudho menilai, kegiatan tersebut merupakan wadah aktualisasi dan publikasi yang membawa dampak cukup besar bagi Kabupaten Jember.

Dirinya menambahkan, hal terpenting dari diraihnya penghargaan tersebut adalah Linkrafin memiliki peluang untuk membangun relasi dengan para pelaku industri kreatif di seluruh Indonesia.

"Manggung dimana-mana, bisa menyanyikan lagu Jember Nusantara itu bonus besar. Karena dengan begitu, kita bisa mengenalkan dan mempromosikan Jember dimanapun," lanjutnya.

Bersama Linkrafin, dirinya berkomitmen untuk senantiasa membangun ekosistem kesenian dan kebudayaan Jember dalam bingkai industri kreatif. Agar lebih fleksibel dalam menerima perubahan zaman.

"Hal terbaik dari menerima kondisi pandemi saat ini adalah, terus berkarya dan mengajak para seniman Jember untuk berinovasi tanpa meninggalkan kaidah pakem dari kesenian atau kebudayaan yang ada dalam kreasi mereka," pungkasnya.

Seperti diketahui Linkrafin Jember, sebelumnya telah membuat bangga masyarakat dengan menjadi juara dalam perlombaan yang digagas oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, pada bulan Mei 2020.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV