SUARA INDONESIA

Dewan Ingin Penguatan UMKM di Surabaya Didukung Adanya Platform Digital

Lukman Hadi - 19 September 2021 | 13:09
Peristiwa Daerah Dewan Ingin Penguatan UMKM di Surabaya Didukung Adanya Platform Digital

SURABAYA - Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Anas Karno sekali lagi mendorong Dinas Koperasi dan Perdagangan agar melakukan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ia menyebutkan, bahwa UMKM sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan dan pemulihan ekonomi.

"Melalui pemberdayaan usaha mikro dapat membantu masyarakat, yang mengalami PHK serta hilangnya penghasilan karena usahanya terdampak pandemi Covid 19," ujar Anas, Minggu (19/9/2021).

Ia meminta agar pemkot dapat membuat kebijakan-kebijakan yang mana nantinya bisa membantu tumbuhnya UMKM di Surabaya. Di antaranya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta memberikan keringanan pembayaran pinjaman bagi UMKM.

Menurutnya, kebijakan seperti itu bisa terlaksana apabila Pemkot Surabaya menjalin kerjasama antara kementerian, lembaga, pemerintah daerah, institusi perbankan, fintech, marketplace dan seluruh pelaku usaha agar dapat bersaing di pasar pada masa pandemi ini.

"Serta menambah dana Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM yang dapat digunakan untuk pinjaman murah bagi UMKM. Pemerintah juga memberikan subsidi bunga, dan mempermudah persyaratan kredit atau pembiayaan dan pendanaan bagi UMKM," jelasnya.

Ia menambahkan, kemajuan UMKM di Surabaya juga bisa didorong dibuatnya sebuah penerapan digitalisasi sebagai operasional bisnis pelaku UMKM. Mulai dari pemasaran, pemesanan, pembayaran, pengiriman hingga administrasi.

"Bergabungnya para pelaku UMKM dalam platform digital diharapkan dapat menjalankan usahanya dari rumah, terhubung ke ekosistem digital, serta melakukan adaptasi dan inovasi, sehingga produk dapat dikenal," katanya.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV