SUARA INDONESIA

HSN, SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri Gelar Bersih-bersih Masjid dan Musala

Widiarto - 22 October 2021 | 18:10 - Dibaca 2.58k kali
Peristiwa Daerah HSN, SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri Gelar Bersih-bersih Masjid dan Musala
Siswa SMK VIP Maarif NU 1 Kemiri melaksanakan kerja bakti bersih-bersih masjid

PURWOREJO - SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan bakti sosial berupa bersih-bersih masjid disejumlah masjid dan musala yang ada disekitar sekolah, pada Jumat (22/10/2021).

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian siswa/siswi SMK VIP Ma'arif  NU 1 Kemiri, dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang selalu diperingati pada tanggal 22 Oktober dan mendekatkan diri dengan lingkungan masyarakat.

Humas SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri, Arsyad Wiyanto, mengatakan, bahwa sesuai keputusan pemerintah pada tanggal 22 Oktober ini merupakan peringatan Hari Santri Nasional. SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri adalah salah satu lembaga pendidikan dibawah naungan lembaga Ma'arif NU Kabupaten Purworejo, sekolah yang berbasis pondok pesantren.

"Sekolah kami dalam memperingati hari santri nasional ini dilaksanakan dengan membaur terhadap masyarakat sekitar yaitu membersihkan tempat ibadah umat Islam berupa masjid dan musola," ucap Arsyad.

Kegiatan itu secara antusias diikuti oleh seluruh santri atau siswa/siswi SMK Maarif NU 1 Kemiri yang berjumlah 860 siswa dari 28 kelas yang ada.

"Pihak sekolah sengaja menggelar kegiatan ini bertujuan untuk syiar kepada masyarakat dan juga menjalin silahturahim diwilayah Kecamatan Kemiri, Pituruh, Bruno dan Butuh," ujarnya.

Dengan kegiatan itu, lanjutnya, diharapkan santri bisa lebih mengenal tentang peringatan hari santri serta pemaknaanya terhadap lingkungan masyarakat.

"Ini yang diharapkan oleh kaum nahdiyin dalam hari santri nasional, karen aeuforia tidak hanya bagi dirasakan kaum nahdlatul ulama ataupun para santri namun bisa diperingati oleh seluruh umat Islam di Nusantara. Sesuai dengan tema Bertumbuh, Berdaya dan Berkarya tahun ini, Saya berharap khususnya santri yang belajar di SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri ini bisa menjadi santri yang mempunyai karakter dan berakhlaqul karimah sesuai yang digariskan oleh para pendahulu kita yaitu Hasyim Asyʼari," harapnya.

Dalam memperingati HSN itu, SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri tidak hanya melaksanakan bersih-bersih tempat ibadah, mereka  juga melakukan potong tumpeng diseluruh masjid yang didatangi santri, sesuai dengan masjid atau mushola yang didatangi dari tiap kelas yang dibagi dalam tugasnya.

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV