SUARA INDONESIA

Kendaraan Multi Fungsi Hagglund BV206 Milik PMI, Libas Medan Ekstrem Erupsi Semeru

Rapelaziza Bangun Alamsyah - 08 December 2021 | 19:12 - Dibaca 2.18k kali
Peristiwa Daerah Kendaraan Multi Fungsi Hagglund BV206 Milik PMI, Libas Medan Ekstrem Erupsi Semeru
Kendaraan taktis PMI Hagglund BV206 capai kaki Gunung Semeru dalam misi kemanusiaan evakuasi korban

LUMAJANG - Kendaraan taktis dengan ban Tank Hagglund BV206 milik PMI menjadi andalan dalam memasuki area dan medan sulit erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Hagglund BV206 membantu evakuasi korban erupsi Semeru, kendaraan traksi articulated ini bisa menembus daerah sulit terjangkau dan ekstrem di kaki Gunung Semeru.

Kelebihannya mampu menjangkau kawasan terisolasi di beberapa desa akibat erupsi, kendaraan ini mampu menyusuri aliran guguran awan panas Gunung Semeru yang tidak dapat dilalui kendaraan biasa.

Kendaraan pembuka medan sekaligus pengangkut logistik ini buatan Swedia, mulanya digunakan militer pada medan salju namun kini banyak juga digunakan untuk evakuasi korban bencana di medan ekstrem.

"Adanya unit Hagglund ini banyak membantu dalam proses evakuasi korban, apalagi untuk daerah yang sulit dijangkau seperti tumpukan material vulkanik yang masih panas, ini bisa mempercepat proses evakuasi," ungkap seroang relawan PMI, Hari kepada suaraindonesia, Rabu (08/12/2021).

PMI menerjunkan 2 unit Hugglund BV206 dalam membantu proses evakuasi erupsi Gunung Semeru, 1 unit membuka akses di Kecamatan Candipuro 1 unit lainnya bertugas di Kecamatan Pronojiwo

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rapelaziza Bangun Alamsyah
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV