SUARA INDONESIA

Blak-blakan! DPRD Agak Pesimis Perwali Tentang Penggunaan Kantong Plastik

Lukman Hadi - 21 March 2022 | 21:03 - Dibaca 1.40k kali
Peristiwa Daerah Blak-blakan! DPRD Agak Pesimis Perwali Tentang Penggunaan Kantong Plastik
Anggota DPRD Surabaya Imam Syafi'i menganggap Perwali tentang pengurangan penggunaan kantong plastik masih kurang tegas.

SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai mengatur penggunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan, pasar rakyat, toko swalayan dan restoran.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Surabaya, yang diundangkan pada 9 Maret 2022 dan akan disosialisasikan selama 30 hari.

"Sejak diterbitkannya Perwali ini pada 9 Maret 2022 lalu, hingga saat ini masih kita sosialisasikan. Terutama, kepada warga dan asosiasi pedagang, agar tahu soal aturan ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro.

Terbitnya Perwali Nomor 16 Tahun 2022 ini ditanggapi Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Imam Syafi'i. Politisi NasDem itu merasa pesimis atas Perwali tersebut, karena menilai sanksi-sanksi dalam Perwali dirasa masih kurang tegas.

"Hukum itu bisa mengubah perilaku, tapi syaratnya membuat sanksi-sanksi yang membuat orang itu jera sehingga membuat orang tidak melakukan itu lagi," kata Imam saat diwawancarai, Senin (21/3/2022).

Menurut Imam, masyarakat Surabaya dalam menggunakan kantong plastik sudah berakar urat, karena itu perlu dibuat aturan yang bisa membuat perilaku tersebut berubah.

"Kita mengapresiasi juga berharap. Meski saya agak pesimis, saya berharap Perwali ini mampu mengurangi sampah plastik. Karena kalau melihat norma di dalam Perwali itu kurang keras. Kalau mengatur iya, tapi kalau mengurangi apalagi menghilangkan sama sekali rasanya mustahil dengan pasal-pasal tersebut," beber Imam.

Baru-baru ini, Imam sendiri memiliki pengalaman saat dirinya berkunjung ke salah satu pasar swalayan di Kota Surabaya. Ia menceritakan bahwa pasar swalayan tersebut tidak menyediakan kantong plastik, namun justru menawarkan pembelian kantong plastik. Sedangkan di beberapa swalayan lainnya langsung memberikan kantong plastik saat belanja.

"Husnudzonnya mungkin Perwali ini belum tersosialisasikan secara menyeluruh, tapi kalau suudzonnya mungkin Perwali tersebut tidak ngefek," tandas Imam.

Sementara bagi pelanggar Perwali bakal dikenai sanksi administratif di antaranya teguran lisan, teguran tertulis dan pengambilan kantong plastik tersebut.

"Kalau menurut saya, yang seperti itu tidak menakutkan sama sekali. Karena kita bernegara tentu saja hukumnya harus kuat," tegasnya.

Ia mengingatkan kepada Pemkot Surabaya, apabila setelah 30 hari (masa sosialisasi) ternyata tidak menimbulkan dampak sampah terkurangi, maka lebih baik dirancang aturan baru yang lebih tegas.

"Boleh saja ada Perwali baru yang lebih memiliki sanksi tegas. Aturan baru itu dibuat tentu berdasarkan hasil evaluasi dari peraturan yang lama. Kami di Komisi A mendukung karena tujuannya baik untuk kepentingan supaya lingkungan polusi sampah plastik terkurangi," tukasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV