SUARA INDONESIA

Uji Coba Tiket Gratis, Pengunjung Watu Ulo Meningkat 70 Persen

Wildan Mukhlishah Sy - 19 May 2022 | 10:05
Peristiwa Daerah Uji Coba Tiket Gratis, Pengunjung Watu Ulo Meningkat 70 Persen

JEMBER- Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember, diketahui Pengunjung di pantai Watu Ulo Jember, rupanya mengalami peningkatan yang cukup pesat, yakni mencapai hingga tujuh puluh persen selama libur lebaran 2022.

Selain disebabkan oleh momen long weekend, hal tersebut juga diduga karena adanya kebijakan uji coba tiket gratis yang dicetuskan oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jember, pada Rabu (4/5/2022) hingga Rabu (18/5/2022).

Kepala Disparbud Jember Harry Agustriono menyebutkan, selama pemberlakuan tiket masuk gratis, warga setempat juga banyak menghadirkan inovasi baru, dengan menambah wahana-wahana baru di destinasi Watu Ulo.

Salah satunya, yakni penumpang bisa menyewa kuda untuk ditunggangi di sepanjang bibir pantai berpasir hitam dengan pemandangan batu menyerupai ular tesebut.

“Jadi memang pengunjung tidak hanya monoton melihat pemandangan laut saja,” ungkapnya, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi D DPRD Jember, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, hal tersebut akan menjadi gebrakan sekaligus bahan evaluasi bagi Disparbud Jember untuk terus berupaya melakukan perbaikan, baik dari segi fasilitas maupun sumber daya manusia (SDM) di setiap lokasi wisata yang ada di Jember.

Harry mengungkapkan, peningkatan jumlah pengunjung tersebut membawa dampak yang sangat baik dalam mengkatrol perekonomian warga setempat.

“Dampaknya untuk ekonomi warga setempat, tentu sangat baik,” lanjutnya,

Meski demikian pihaknya, mengaku masih akan melakukan evaluasi lebih lanjut mengenai kebijakan uji coba tiket wisata gratis bersama Pemkab dan DPRD Jember, dengan mempertimbangkan target pendapatan asli daerah (PAD) yang dimiliki.

“Mau bagaimanapun kita punya target PAD, jadi memang harus dikaji dan dievaluasi lebih lanjut untuk hal ini,” tandasnya.



Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya