SUARA INDONESIA

DPRD Surabaya Minta Wali Kota untuk Segera Realisasi Program Lansia

Lukman Hadi - 07 June 2022 | 17:06
Peristiwa Daerah DPRD Surabaya Minta Wali Kota untuk Segera Realisasi Program Lansia

SURABAYA - Anggota Komisi D DPRD Surabaya Tjutjuk Supariono mengingatkan Pemkot Surabaya untuk lebih serius memperhatikan dan menjamin kebutuhan para orang lanjut usia (lansia).

Karena itu, Tjutjuk meminta Wali Kota Eri Cahyadi untuk segera mewujudkan program-program yang berkaitan dengan lansia. Seperti menambah Griya Werdha (hunian lansia), mengingat semakin banyaknya populasi lansia di Surabaya.

"Persentase penduduk lansia di Surabaya pun mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun AHH yang semakin membaik ini juga diikuti dengan jumlah lansia yang terlantar yang mencapai 15.354 jiwa pada tahun 2017," ujar Tjutjuk, Selasa (7/6/2022).

Menurut Tjutjuk, setelah perayaan HUT Surabaya ke-729 seharusnya pemkot dapat memberikan hadiah yang indah bagi masyarakatnya.

"Untuk itu saya berharap adanya kado dari Pemkot Surabaya untuk kaum lansia yaitu penambahan Griya Werdha. Saat ini Kota Surabaya hanya memiliki 1 Griya Werdha dengan daya tampung 160 orang. Ini sangat jauh dari jumlah lansia yang terlantar," beber Ketua Fraksi PSI Surabaya ini. 

Ia menyampaikan, tidak susah untuk mewujudkan hal ini. Cukup dengan memanfaatkan aset pemkot yang sudah ada atau tidak terpakai, dan ditambahkan fasilitas bagi lansia di dalamnya untuk memenuhi standar sebagai Griya Werdha.

"Selain itu, program untuk lansia perlu sesegera mungkin direalisasikan, dimana program ini sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi programnya sudah pernah disampaikan oleh Mas Eri, tinggal eksekusi saja," tandasnya.

Program-program khusus lansia yang dimaksud meliputi pemberian gelang chip yang isinya NIK, rekam medis, alat pelacak GPS, dan layanan listrik serta air gratis. Selain itu, ada layanan dokter keliling, peningkatan permakanan pada posyandu lansia, dan beberapa program lainnya untuk lansia yang telah disampaikan Walikota terpilih pada waktu kampanye lalu.

Melansir data BPS untuk persentase penduduk lansia, pada tahun 2018 jumlah lansia adalah 8,53%. Di tahun 2019 jumlahnya 8,84%, serta di tahun 2020 jumlahnya mencapai 9,16% dari total jumlah penduduk Kota Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penduduk lansia di Kota Surabaya setiap tahunnya. (Adv)

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya