SUARA INDONESIA

Berkurang Separuh, 423 Jamaah Haji Probolinggo Diberangkatkan

Lutfi Hidayat - 16 June 2022 | 19:06
Peristiwa Daerah Berkurang Separuh, 423 Jamaah Haji Probolinggo Diberangkatkan

GENDING - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Probolinggo tahun ini berjumlah 423 orang termasuk seorang diantaranya cadangan.

Jumlah tersebut berkurang separuh dibanding 3 tahun lalu yang melebihi 800 Jamaah calon haji.

Mereka diberangkatkan dari lokasi Wisata Religi Miniatur Ka'bah yang berada di area Pantai Bentar Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Kamis (16/06/2022).

Jamaah calon haji diberangkatkan menuju Asrama Haji Surabaya dengan menggunakan 9 armada bus.

Pelepasan pemberangkatan dilakukan oleh Sekda Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono didampingi Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo, Achmad Sruji Bahtiar, perwakilan TNI-Polri serta Ketua PCNU Kota Kraksaan dan Kabupaten Probolinggo.

Soeparwiyono mengatakan meski terjadi pengurangan hingga separuh kuota kursi, hal tersebut lebih baik dibanding 2 tahun terakhir di mana jamaah calon haji Indonesia tidak dapat berangkat ke tanah suci Mekah karena terdampak Covid-19.

"Hampir di setiap daerah ada pengurangan kuota. Sebelumnya kita memberangkatkan lebih dari 800 orang, sekarang hanya 423 jamaah haji. Ini lebih baik dibanding dua tahun terakhir para jamaah haji tanpa kepastian berangkat," ungkapnya.

Sementara untuk fasilitas pendukung lainnya, Pemkab Probolinggo terus berkomitmen membantu dan memberikan pelayanan maksimal bagi tamu-tamu Allah tersebut.

"Fasilitas pendukung tidak ada perbedaan dari sebelumnya. Kami siapkan selamatan/tasyakurannya, armada pemberangkatan hingga pemulangannya juga kami siapkan," imbuhnya.

Jamaah calon haji Kabupaten Probolinggo tergabung dalam kelompok terbang (Kloter 19) bersama sebagian JCH asal Mojokerto.

Ratusan JCH Kabupaten Probolinggo tersebut rencananya akan diberangkatkan menuju Arab Saudi pada Jumat (17/06/2022) pukul 10.00 WIB menuju Bandara Amir Mahmud.

Kedatangan JCH tersebut diperkirakan pada sekitar pukul 17.25 waktu Arab Saudi.

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya