SUARA INDONESIA

Pemuda Sebagai Tulang Punggung Dalam Membangun Keerom Untuk Indonesia 

Mustakim Ali - 30 October 2022 | 08:10 - Dibaca 1.26k kali
Peristiwa Daerah Pemuda Sebagai Tulang Punggung Dalam Membangun Keerom Untuk Indonesia 
Suasana pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua KNPI Keerom disaksikan oleh Asisten I beserta jajaran.

KEEROM - Memperingati hari Sumpah Pemuda Ke-94 tahun 2022, KNPI Kabupaten Keerom mengadakan upacara yang berlangsung di Lapangan bola Swakarsa, Jumat (28/10/2022).

Dalam upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Keerom, Piter Gusbager yang diwakili oleh Lukas Saranga,  Asisten 1 Setda Keerom didampingi Asisten II, Edi Buntan, Kadistrik Arso, Laurens Borotian, Ketua KNPI Keerom, Samuel Ibe, Koramil Arso, Wakapolres Keerom beserta jajaran terkait lainnya.

Dalam sambutan Kemenpora yang dibacakan Bupati Piter Gusbager yang diwakili Asisten I, Lukas Saranga menjelaskan bahwa berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenpora tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, dengan mengangkat tema ialah "Bersatu Bangun Bangsa".

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar," ujar Lukas saat membaca sambutan Kemenpora.

Peran pemuda dalam membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

Ini yang menjadi tekad untuk meneruskan perjuangan para pahlawan untuk membangun Indonesia yang berdaulat adil dan makmur. Pemuda harus optimis dalam menjawab tantangan yang sangat dinamis di masa depan bangsa Indonesia.

"Membangun keerom dan Indonesia harus memanfaatkan potensi lokal yang ada sebagi bagian dari semangat muda dalam membangun bangsa Indonesia," tuturnya.

Dikesempatan yang sama Ketua KNPI Keerom, Samuel Ibe menyampaikan, dalam menyikapi hari Sumpah Pemuda, pemuda Keerom harus bisa merubah diri dan juga mempersiapkan diri dalam menyambut perubahan yang sedang terjadi dengan cara menjauhi narkoba, miras, ganja dan pergaulan negatif lainnya.

"Pesan saya, pemuda keerom harus bersatu saling kolaborasi membangun negeri tapal batas ini, jaga silaturahmi, karena dengan bersatu kita mudah raih yang namanya perubahan," ujarnya.

Apa yang dilakukan pemuda saat ini akan menjadi penuntut kemajuan keerom dan bangsa Indonesia di masa akan datang untuk mencapai kejayaan yang adil dan makmur. 

"Oleh karena itu Pemuda harus menjadi tulang punggung dalam kemajuan bangsa Indonesia. Karena  Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa," ungkapnya.

Samuel Ibe juga menjelaskan, selain upacara, sejumlah rangkaian kegiatan turut diselenggarakan seperti pemberian bantuan bama, kegiatan olahraga santunan yang lainnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV