SUARA INDONESIA

Akses Jalan Situbondo-Jember Macet Total Akibat Pohon Besar Tumbang

Syamsuri - 31 March 2023 | 22:03 - Dibaca 850 kali
Peristiwa Daerah Akses Jalan Situbondo-Jember Macet Total Akibat Pohon Besar Tumbang
Petugas Dibantu Warga Sekitar Saat Mengevakuasi Pohon Tumbang di Ruas Jalan Situbondo-Jember (Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO – Akibat hujan deras disertai angin kencang, sebuah pohon asam besar yang berada di Jalan Raya Kotakan, Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo tumbang. 

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, namun akibat kejadian itu, jalan yang menghubungkan antara Situbondo-Jember tersebut mengalami macet total. 

Berdasarkan pantauan suaraindonesia.co.id, terjadi kemacetan sangat panjang karena jalan tidak bisa dilintasi oleh kendaraan akibat pohon tersebut mengganggu arus lalu lintas di seluruh badan jalan usai tumbang. 

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, petugas menerima informasi pohon tumbang dari masyarakat sekitar pukul 13.30 WIB. Kemudian langsung menuju lokasi kejadian. 

“Penyebab pohon tumbang diperkirakan karena hujan deras dan angin kencang. Karena ukurannya yang besar itu, menutup seluruh jalan tujuan Situbondo-Jember,” ujarnya, Jumat (31/3/2023). 

Pria yang akrab disapa Ipung itu menjelaskan, bahwa petugas mengevakuasi pohon tumbang tersebut dengan cara memotong batang pohon dengan menggunakan mesin, dibantu oleh warga sekitar. 

“Proses evakuasi pohon tumbang alhamdulillah bisa berjalan cepat karena banyak pihak yang membantu kami seperti Dinsos, Tagana TNI-Polri dan Masyarakat. Sehingga lebih memudahkan petugas,” ungkapnya. 

Ipung menambahkan, bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut serta kerugian materi lainnya. Hanya saja saluran kabel PLN terputus akibat tertimpa pohon tersebut.

“Alhamdulillah tidak sampai memakan korban. Cuman kabel PLN putus dan butuh perbaikan secepatnya,” pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV