SUARA INDONESIA

Gejala Berbeda Dari PMK, Peternak Sapi Sampang Resah Muncul Penyakit Misterius

Hoirur Rosikin - 25 May 2023 | 17:05 - Dibaca 1.31k kali
Peristiwa Daerah Gejala Berbeda Dari PMK, Peternak Sapi Sampang Resah Muncul Penyakit Misterius
Kondisi Sapi di Sampang diserang penyakit bergejala bentol-bentol ditubuhnya (Foto; Rosy/Suaraindonesia.co.id)

SAMPANG, Suaraindonesia.co.id - Peternak Sapi di Kabupaten Sampang, Jawa Timur resah munculnya penyakit yang menyerang sapi-sapi mereka.

Hal itu disampaikan peternak sapi warga Desa Paseranan, Kecamatan Kedungdung, Saed, setelah mengetahui sapi peliharaannya terjangkit penyakit aneh yang tak lazim menyerang hewan ternak.

Awalnya ia menyangka penyakit sapi tersebut adalah PMK yang sebelumnya menyerang banyak sapi di Sampan, namun kali ini gejala yang dialami sapi miliknya berbeda.

"Gejala penyakit yang dialami, seperti bentol-bentol di tubuh sapi yang muncul tanpa sebab," ujar Saed, Kamis (25/05/2023).

Kondisi sapi yang mengalami bentol-bentol itu, membuat peternak sapi khawatir menular tarhadap sapi milik peternak lainnya.

"Saya khawatir kondisi sapi saya, soalnya lama kelamaan mulai lemas dan takut mati," keluhnya.

Kepala Bidang (Kabit) Peternakan Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (Dispertan KP) Sampang, Arif Firman Hidayat saat dikorfimasi, mengatakan pihaknya telah mendapat laporan terkait kasus tersebut.

Pihak yang melaporkan terdapat dua wilayah, yakni Kecamatan Sreseh, Kecamatan Robatal. Setelah mendapat laporan pihaknya tidak bisa mamastikan apakah itu PMK atau penyakit Lumpy Skin Disaese (LSD).

Arif Firman menegaskan, saat ada sapi yang terkena serangan penyakit tersebut, para peternak diminta untuk segara melaporkan.

"Dari laporan peternak, kami akan langsung menanganinya dan memberikan pemahaman agar tidak khawatir terhadap ternaknya," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV