SUARA INDONESIA

Ukraina Butuh Bantuan sistem Persenjataan Udara dari Barat

Yuni Amalia - 10 November 2022 | 06:11 - Dibaca 22.15k kali
Peristiwa Internasional Ukraina Butuh Bantuan sistem Persenjataan Udara dari Barat
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenkyy (Foto: AP For VOA/Jejaring Suaraindonesia.co.id)

JAKARTA - Setelah dibombardir secara terus menerus oleh Rusia, kini Ukraina Ukraina mengakui sangat membutuhkan banyak bantuan untuk melawan pasukan Putin.

Salah satunya, bantuan sistem pertahanan udara dari negara-negara Barat sangat mendesak dan sangat dibutuhkan untuk pertahanan.

Laporan baru, yang juga memperingatkan bahwa Rusia bisa mengulangi lagi taktik-taktik yang digunakannya di Suriah untuk membom kota-kota di Ukraina dari udara.

Analisis oleh Royal United Services Institutes di Inggris mengatakan, pada hari-hari awal invasi pada bulan Februari dan Maret, wilayah udara Ukraina sebagian besar tidak terlindungi.

“Pesawat tempur Ukraina menyebabkan kerugian pada pesawat-pesawat Rusia tetapi korgan dio pihak Ukraina juga serius akibat mereka tertinggal dari segi teknologi dan juga jumlah pesawat.” Demikian kata laporan itu.

Sejak saat itu, tentara Ukraina berhasil menembak jatuh puluhan pesawat tempur, helikopter, misil dan pesawat lain milik Rusia, demikian kata salah satu penulis laporan itu Justin Bronk.

“AU Rusia tetap memiliki sejumlah besar kekuatan berpotensi. Masalahnya mereka tidak bisa menggunakannya secara efektif saat ini karena Ukraina berhasil menghambat akses mereka ke wilayah udara Ukraina, karena negara itu memiliki sistem misil darat ke udara. Tetapi stok misil Ukraina tidak akan bisa bertahan lama,” kata Bronk kepada VOA/Jejaring Suaraindonesia.co.id

Sementara itu Rusia menggunakan pesawat nir awak buatan Iran dan misil jarak jauh yang mendera kota-kota dan infrastruktur Ukraina.

Mereka mengatakan ini merupakan perubahan signifikan dalam taktik-taktik yang digunakan Rusia.

 “Pengulangan operasi terakhir ini merupakan pemboman yang lebih terkonsentrasi dan berkesinambungan terhadap jaringan listrik Ukraina.”

Justin Bronk memperingatkan pihak Barat jangan lengah dan menyadari pentingnya meningkatkan kapasitas pertahanan udara Ukraina. (VOA)








» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV