SUARA INDONESIA

1 Abad NU, Puluhan Ribu Peziarah Padati Makam Gus Dur

Gono Dwi Santoso - 06 February 2023 | 18:02 - Dibaca 1.45k kali
Peristiwa 1 Abad NU, Puluhan Ribu Peziarah Padati Makam Gus Dur
Rombongan PWNU DKI Jakarta saat ziarah ke makam Gus Dur, Senin (06/02/2023)

JOMBANG - Jelang peringatan satu abad Nahdlatul Ulama ( NU) yang akan digelar di Stadion Delta Sidoarjo, puluhan ribu peziarah padati kompleks pemakaman KH Abdurrahman Wahid ( Gus Dur) Presiden ke 4 Republik Indonesia di Ponpes Tebuireng Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Senin (06/02/2023).

Dari pantauan di lokasi di area makam religi Gus Dur yang ada di Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Jombang ini para peziarah kebanyakan rombongan dari luar Jombang datang untuk berziarah sekaligus menghadiri resepsi acara satu abad Nahdlatul Ulama di Sidoarjo.

Ditemui di area kompleks pemakaman Gus Dur, pengurus Pondok Pesantren Tebuireng ,Teuku Azwani mengatakan, jelang satu abad Nahdlatul Ulama ini kondisi untuk jumlah peziarah di makam Gus Dur ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga 100 persen dari hari biasanya.

"Untuk peziarah ada kenaikan peziarah.biasanya perhari bisa mencapai 12.000 peziarah. Tapi jelang satu abad Nahdlatul ulama ini, ada, kenaikan mencapai sekitar 100 persen, sekitar 25 ribuan peziarah yang datang," terangnya.

Azwani mengatakan, banyaknya peziarah yang datang dari luar kota jelang mulai Sulawesi, Lampung, Garut, Jakarta yang datang ikut  meramaikan peringatan satu abad Nahdlatul Ulama yang ada di Sidoarjo besok .

" Mereka mampir dahulu berziarah ke makam Gus Dur  dulu,sebelum ke acara harlah satu abad Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo .Ada sebanyak 30 Bus rombongan pengurus PWNU dari DKI Jakarta yang ziarah ke makam juga.

Meski peziarah banyak dan membludak, tidak ada batasan bagi pengunjung ziarah makam KH Abdurrahman Wahid ,ini apalagi menjelang satu abad Nahdlatul Ulama kita perpanjang jam nya.

"Kami tidak membatasi para pengunjung, hanya saja peziarah harus bisa memperhatikan waktu jam buka dan tutup makam tapi untuk jelang satu abad Nahdlatul Ulama ini kita perpanjang durasi ziarahnya ," terangnya.

Azwani menambahkan untuk sementara ketentuan waktu peziarah makam Pondok Pesantren Tebuireng menjelang satu abad Nahdlatul ulama makam di buka malam mulai pukul 19.30 Wib.sampai pukul 03.00 Wib.

"Kalau pagi pukul 07.00 Wib sampai sore pukul 17.00 .Wib dan selama makam di tutup kita ada kegiatan di pondok," pungkas Azwani.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV