SUARA INDONESIA

Stasiun Tawang Semarang Kembali Normal Usai Banjir

Andi Saputra - 15 March 2024 | 16:03 - Dibaca 552 kali
Peristiwa Stasiun Tawang Semarang Kembali Normal Usai Banjir
Stasiun tawang Semarang kembali normal seusai banjir. (Foto: Andi Saputra/Suaraindonesia)

SEMARANG, SUARAINDONESIA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mulai Jumat (15/3/2024) pagi telah kembali mengoperasikan pelayanan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng untuk naik turun penumpang setelah sebelumnya dialihkan pelayanannya imbas banjir.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan, Bahwa mulai Kamis sore banjir di sekitar stasiun mulai berangsur surut, sehingga pada pagi ini Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dapat kembali normal melayani naik turun penumpang kereta api.

“Melihat banjir yang mulai surut, tim kebersihan dan tim prasarana Daop 4 secara sigap langsung melakukan pembersihan dan perapihan area stasiun. Sehingga pada pagi ini pelayanan stasiun dapat berjalan dengan normal kembali. Akses masuk menuju stasiun juga sudah surut dan dapat dilewati kembali oleh masyarakat,” ujarnya, Jumat (15/3/2024). 

Menurutnya, Kereta api yang pertama diberangkatkan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng paska banjir adalah KA Argo Merbabu dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir yang diberangkatkan tepat pada pagi ini pukul 05.50 WIB.

Meski banjir, lanjutnya, di sekitar stasiun sudah surut, namun ke arah timur (arah Surabaya/Solo/ Cepu) masih terjadi genangan air yang cukup tinggi pada petak jalan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng - Stasiun Alastua. 

“Pada pukul 06.00 WIB pagi ini genangan air pada Km 2+3 sampai dengan Km 3+1 ketinggian air masih sekitar 20 cm di atas kop rel, sehingga pada petak jalan tersebut masih belum bisa dilalui kereta api,” jelasnya. 

Dia menambahkan, Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

"Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan. Semoga pada hari ini seluruh banjir dapat segera surut dan kami terus berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal,” tuturnya. 

Imbas belum bisa dilaluinya petak jalan tersebut, KAI masih menerapkan rekayasa pola operasi KA memutar via jalur selatan jawa dan pembatalan 4 kereta api atau 10 perjalanan KA pada Jumat (15/3). Adapun KA yang dibatalkan perjalanannya pada hari ini sbb:

1.    KA 548 Kedungseour relasi Semarang Poncol – Ngrombo
2.    KA 547 Kedungsepur relasi Ngrombo – Semarang Poncol
3.    KA 546 Kedungseour relasi Semarang Poncol – Ngrombo
4.    KA 545 Kedungsepur relasi Ngrombo – Semarang Poncol
5.    KA 210F Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Ngrombo
6.    KA 207F Banyubiru relasi Solo Balapan – Semarang Tawang Bank Jateng
7.    KA 227 Blora Jaya relasi Cepu – Semarang Poncol
8.    KA 228 Blora Jaya relasi Semarang Poncol – Cepu
9.    KA 229 Ambarawa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol
10.  KA 230 Ambarawa Ekspres relasi Semarang Poncol – Surabaya Pasarturi. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andi Saputra
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV