SUARA INDONESIA

Pilkada 2024, Gerindra Cilacap Pastikan Cabup Awaluddin Muuri Dapat Rekom dari DPP

Satria Galih Saputra - 22 July 2024 | 22:07 - Dibaca 1.37k kali
Politik Pilkada 2024, Gerindra Cilacap Pastikan Cabup Awaluddin Muuri Dapat Rekom dari DPP
Ketua DPC Gerindra Kabupaten Cilacap Suyatno saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Ketua DPC Gerindra Kabupaten Cilacap Suyatno memastikan bakal calon bupati Awaluddin Muuri yang diusung oleh partai yang dipimpinnya mendapat surat rekomendasi Pilkada Cilacap 2024 oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.

"Kami sudah berkoordinasi dengan DPD dan DPP, bahwa pengajuan kami untuk calon bupati tunggal yaitu Pak Awaluddin," tegas Suyatno saat ditemui di Kantor DPC Gerindra Cilacap, Senin (22/7/2024).

"Dari pihak kami maupun Pak Awaluddin sudah sama-sama tau bahwa rekom pasti akan keluar. Kalaupun sekarang sudah ada, kan tidak perlu kami ekspos juga karena beliau saat ini masih menjabat. Jadi nanti setelah turun surat pengunduran dirinya dari ASN, baru nanti kita ekspos seluas mungkin," imbuhnya.

Lebih lanjut, Partai Gerindra mengusung Awaluddin Muuri sebagai calon bupati di Pilkada 2024 bukan tanpa alasan. Kader eksternal ini dinilai potensial dan memiliki track record yang jelas.

"Yang jelas beliau orang baik, punya etos dan motivasi kerja yang baik untuk bagaimana membangun Cilacap lebih baik. Dan yang lebih penting lagi orangnya bijaksana dan tidak serakah. Kemudian bisa memberikan keadilan bagi warga masyarakat Cilacap," ujar Legislator Gerindra ini.

Sementara menanggapi kabar Awaluddin Muuri bukan asli putra daerah, Suyatno merespon bijak kabar tersebut. Ia menyebut, Awaluddin putra Cilacap. 

"Beliau ini sudah puluhan tahun mengabdi sebagai ASN di Cilacap dari mulai lulus pendidikan sampai sekarang menjabat sebagai Pj Bupati. Istrinya orang Cilacap dan Pak Awaluddin sudah ber KTP Cilacap, sehingga apa yang perlu diragukan lagi," kata pria yang akrab disapa Yatno ini.

"Undang-undang di negara kita untuk calon kepala daerah itu kan boleh manusia se-Indonesia. Artinya tidak ada persyaratan harus putra daerah, itu hanya slogan dari orang-orang yang mungkin mencalonkan, dan kebetulan putra daerah. Tapi yang perlu dicatat kalau di luar putra daerah lebih baik kenapa tidak," tandasnya.

Yatno sendiri menyakini calon bupati yang diusung partainya ini sangat tepat dan layak untuk memimpin Kabupaten Cilacap lima tahun ke depan. "Kita yakin dan mengenal Pak Awaluddin sudah cukup baik dan beliau orang yang bersih, tidak ada unsur apa-apa yang mengganjal," katanya.

"Track recordnya jelas, saya kira sangat tepat beliau diusung menjadi calon bupati Kabupaten Cilacap," sambung Yatno.

Di lain hal, berkaitan dengan calon wakil bupati yang akan diusung oleh Gerindra, Yatno menyampaikan, bahwa sedang diproses dan terkait hal itu menjadi kewenangan DPD dan DPP. 

"Kita semua tau teman-teman ada dari PAN, NasDem, dan kami terbuka bagi yang lain silahkan, namun kami tidak akan memilih karena semua kewenangan ada di DPD dan DPP. Nanti Fit and Proper Test ada di ranah sana, sehingga kami hanya mengantarkan saja," jelasnya.

"Kami hanya disuruh memberi masukan dan sudah kami beri masukan semaksimal mungkin. Kami tinggal menunggu keputusannya nanti. Pada saat nanti surat rekomendasi Pak Awaluddin turun, mungkin bersamaan dengan surat rekomendasi untuk calon wakilnya," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV