SUARA INDONESIA

Peta Politik Pilkada Sidoarjo Berubah, Subandi Mundur dari PKB dan Alih Dukungan ke Partai Lain

Amrizal Zulkarnain - 29 August 2024 | 15:08 - Dibaca 3.31k kali
Politik Peta Politik Pilkada Sidoarjo Berubah, Subandi Mundur dari PKB dan Alih Dukungan ke Partai Lain
Ilustrasi Pilkada Sidoarjo 2024. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Peta politik Pilkada Sidoarjo mengalami perubahan signifikan di detik-detik terakhir pendaftaran calon, Kamis (29/08/2024). Hingga siang ini, belum ada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mendaftarkan ke KPU Sidoarjo, Jawa Timur.

Tersiar kabar bahwa Ketua DPC PKB Sidoarjo, Subandi, secara mendadak mengundurkan diri, meski sebelumnya telah direkomendasikan bersama Mimik Idayana dari Partai Gerindra.

Pengunduran diri Subandi ini disinyalir terkait ketidak cocokannya dengan calon yang diusung PKB lainnya, Akhmad Amir Aslichin yang akrab disapa Iin, putra mantan Bupati Sidoarjo, Saiful Illah.

Menurut informasi yang dihimpun, PKB dikabarkan kesal atas tindakan Subandi hingga memutuskan untuk menarik dukungannya.

Kini, Subandi disebut-sebut akan maju melalui partai lain seperti Gerindra, Golkar, dan Demokrat, dengan rencana pendaftaran ke KPU Sidoarjo pukul 18.00 WIB, petang nanti.

Ketua KPU Sidoarjo, Fauzan Adim, saat dikonfirmasi mengabarkan bahwa kabar jadwal pendaftaran pukul 18.00 WIB. Pasangan ini, akan berangkat dari Kantor DPC Partai Gerindra, di kawasan JL Ponti, Sidoarjo.

"Pendaftarannya untuk pasangan calon Subandi - Mimik Idayana akan diterima di KPU Sidoarjo pukul 18.00 WIB," kata Fauzan Adim, Kamis (29/08/2024).

Sementara itu, kepemimpinan DPC PKB Sidoarjo beralih ke Abdillah Nasih sebagai Plt Ketua, dan hingga kini belum ada keputusan resmi terkait pasangan calon yang akan diusung PKB.

"Sampai hari ini kami belum menerima secara resmi surat pengunduran diri (Subandi)," kata Abdillah Nasih, selaku Plt Ketua DPC PKB Sidoarjo yang baru.

Selain itu, Abdillah Nasih yang juga menjabat Ketua DPRD Sidoarjo sementara mengatakan, berdasarkan instruksi DPP kami menggelar rapat pleno untuk pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo yang akan dilaksanakan nanti malam.

Di waktu sama, Wakil Ketua DPC PKB Sidoarjo, Usman, juga menyampaikan bahwa menurutnya untuk pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo belum diputuskan DPP PKB.

"Untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati dari PKB sampai sekarang belum kami terima. Semua masih ada di DPP. Tapi pasti ada calon dari PKB," papar Usman.

Diprediksi Paslon Subandi - Mimik Idayana akan bertarung dengan paslon Akhmad Amir Aslichin - Edy Widodo (Kader PDI Perjuangan). Keduanya mendapatkan dukungan dari PDIP, PAN dan PKS.

Hingga kini, PKB yang menarik dukungan dari Subandi mengalihkan dukungan kepada Akhmad Amir Aslichin - Edy Widodo.

Hanya saja belum diketahui jadwal paslon yang akrab disapa Mas Iin - Edy ini berangkat ke KPU Sidoarjo.

Namun juga beredar kabar Mas Iin akan berpasangan dengan Bakal Calon Wakil Bupati Sidoarjo dari internal PKB sendiri. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV