SUARA INDONESIA
Banner

Puncak Peringatan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-65, Satlantas Polres Kutim Gelar Syukuran

KUTAI TIMUR - Memperingati HUT Lalu Lintas ke-65, Satlantas Polres Kutim melaksanakan berbagai kegiatan sosial dan edukatif mulai dari pembagian masker, sembako serta partisipasi aktif dalam penegakan protokol kesehatan dengan puncak peringatan acara syukuran di Makolantas Polres Kutim. Selasa (22/09/2020).

Kapolres Kutim, AKBP Indras Budi Purnomo, yang membuka langsung acara syukuran tersebut secara langsung dalam sambutannya menyampaikan dalam HUT Lalu Lintas ke-65 yang mengusung tema 'Road Safety Policing' diharapkan Satlantas Polres Kutim meningkatkan kinerjanya dan memberikan pelayanan yg terbaik.

Kapolres juga berharap sinergi dengan stakeholder terkait juga terus ditingkatkan sehingga edukasi kepada masyarakat berjalan optimal, Kamseltibcarlantas terlaksana, sehingga Kutim zero accident juga dapat tercipta.

"Polantas adalah etalase Polri, dimana tugas utamanya adalah pelayanan kepada masyarakat. Polantas sangat dikenal masyarakat, makanya saya harapkan kedepannya menjadi satuan yang dicintai masyarakat," ucap Kapolres.  

Ditemui setelahnya, Kasatlantas Polres Kutim, Akp Wulyadi, menjelaskan bahwa Road Safety Policing dapat dipahami sebagai pemolisian untuk mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar.

Selain itu, Kasatlantas menyampaikan bahwa pola pemolisian tersebut fokus pada Road Safety atau terwujud dan terpeliharanya lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar. Yang implementasinya secara aktual dan virtual di era digital sekarang ini didukung dalam sistem on line yang disebut sebagai IT for Road Safety yang dibangun dan dioperasionalkan dalam Road Safety Policing merupakan sistem back office, aplication dan net work untuk mendukung program inisiatif anti korupsi, reformasi birokrasi dan mewujudkan pelayanan yang prima yaitu pelayanan publik yang cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif dan mudah diakses.

Program IT for Road Safety secara keseluruhan di manage melalui smart management yang diawaki oleh cyber cops. Pada sistem smart management, hasil kerjanya dapat dilihat pada produk infografis atau dalam statistik yang dinamis, on time dan real time.

"Tujuan Road Safety Policing dan tingkat keberhasilanya dapat dilihat dari indeks tingkat aman, selamat, tertib dan lancarnya lalu lintas, tingkat meningkatnya kualitas keselamatan dan menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan, terbangunnya budaya tertib berlalu lintas serta pelayanan prima di bidang lalu lintas," jelasnya

Apa Reaksi Anda?