SUARA INDONESIA

Masih Ditemukan Warga Tak Taat Prokes, Satlantas Trenggalek Beri Sanksi dan Edukasi

Rudi Yuni - 11 June 2021 | 14:06
TNI/Polri Masih Ditemukan Warga Tak Taat Prokes, Satlantas Trenggalek Beri Sanksi dan Edukasi

TRENGGALEK - Meningkatnya kasus fatality rate atau kasus kematian akibat Covid-19 menjadi perhatian khusus di Trengggalek. Berdasarkan data, saat ini tercatat total kasus sebanyak 4213, kasus aktif 93, sembuh 3721 dan kasus meninggal ada 399.

Dengan teruTerus bertambahnya angka terkonfirmasi Covid-19 ini membuat jajaran polres lebih meningkatkan intensitas sosialisasi dan edukasi tentang protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Kami terus melakukan respon cepat sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19 di Trenggalek," tutur Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, Jum'at (11/6/2021).

AKP Imam juga menyampaikan bahwa seluruh anggota Satlantas dikerahkan untuk menyampaikan edukasi tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan sebagai proteksi diri terhadap penularan Covid-19.

Setiap hari anggota di sebar ke beberapa lokasi yang menjadi pusat keramaian. Selain patroli Kamtibmas juga melakukan edukasi prtotokol kesehatan.

"Petugas dilapangan dibekali dengan masker yang dapat dibagikan kepada masyarakat, sedikitnya 500 masker disiapkan setiap harinya," ucapnya.

Sedangkan untuk sasaran dijelaskan AKP Imam, sasaran patroli meliputi pasar jarakaan, pasar sore, pasar subuh dan area pertokoan di sepanjang jalan Soekarno-Hatta, Panglima Sudirman hingga seputaran alun-alun.

Ketika para petugas menemukan warga yang tidak patuh protokol kesehatan seperti tidak pakai masker, langsung di berikan teguran dan peringatan kemudian diberikan edukasi.

Petugas tetap melakukan kehati hatian dan humanis agar pesan yang disampaikan bisa lebih mudah diterima dan diimplemetasikan dalam aktivitas sehari-hari masyarakat.

"Dari laporan kegiatan, masih ditemukan sejumlah masyarakat yang lalai tidak menggunakan masker," terangnya.

Hal ini tentu harus menjadi perhatian tidak hanya kepolisian tetapi semua pihak agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan semakasimal mungkin dan agar Trenggalek bisa segera beralih menjadi zona kuning.

Kejadian di beberapa daerah seperti Kudus dan Bangkalan paska lebaran harusnya menjadi pelajaran agar tidak sampai terjadi di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Pandemi belum berakhir, tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan," pungkasnya.

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV